Ini Manfaat Mentimun Yang Jarang Diketahui

Penulis: WB - Waktu: Jumat, 21 November 2014 - 06:13 AM
Credit by: Ilustrasi
Jakarta,PINews.com - Mentimun ternyata memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang sudah dapat dirasakan. Selain bisa dijadikan salah satu pilihan menu makanan, mentimun bisa juga menjadi penolong untuk menjaga kecantikan. Namun, banyak manfaat dari mentimun yang belum diketahui banyak orang. Inilah beberapa manfaat mengejutkan dari si sumber vitamin A, B, dan C ini, seperti dilansir dalam laman Learnist.
1. Penghilang stres
Memiliki aktivitas padat, seringkali memicu datangnya stres. Di waktu yang sempit, Anda tetap bisa manjakan diri sejenak dengan pertolongan dari mentimun. Potong mentimun menjadi bonggol berukuran sedang dan rebus mentimun di air panas. Uap rebusan mentimun tersebut dapat menghasilkan aroma yang segar, serta menenangkan yang dapat membantu menghilangkan stres Anda.


2. Pengusir hama
Datangnya musim hujan biasanya dibarengi dengan datangnya hama seperti lintah, siput, dan hama kecil lainnya ke pekarangan rumah Anda. Manfaatkan mentimun sebagai pengusir hama. Caranya, iris mentimun dengan ukuran sedang dan tebarkan di sekitar pekarangan rumah Anda. Niscaya, hama kecil menjauh dan rumah Anda tetap nyaman meski hari hujan.

3. Pembersih noda di tembok
Anda para orangtua pasti tak asing dengan coretan-coretan krayon yang ada di dinding rumah. Torehan tangan si kecil tersebut, dapat meninggalkan noda yang menganggu pemandangan. Siasati hal itu dengan getah mentimun. Getah mentimun dapat membersihkan noda pulpen, pensil warna, dan krayon di tembok rumah Anda dan mengembalikan tembok cantik rumah Anda dalam sekejap.

4. Pembersih wastafel
Membersihkan wastafel seringkali terasa sulit, karena banyaknya noda yang menempel dipermukaan alumuniumnya. Sikat dan kawat memang ampuh membersihkan noda, tetapi bisa meninggalkan bekas lecet yang membuat permukaan wastafel tak enak dilihat. Hindari risiko tersebut, dengan manfaat mentimun. Cukup iris tipis mentimun dan usapkan ke titik noda di wastafel. Wastafel Anda bersih sejekap tanpa meninggalkan bekas lecet yang mengganggu.


5. Penyemir sepatu
Anda  kehabisan semir sepatu di saat-saat penting? Mentimun bisa jadi solusinya. Irisan mentimun yang dibalurkan ke permukaan sepatu yang kusam dapat membuat sepatu Anda kembali bersih dan kinclong, sehingga Anda lebih percaya diri menghadiri pertemuan yang ada di jadwal Anda.

Editor: RI