Ceres, Planet Kerdil Yang Akan Dikunjungi Manusia

Penulis: WB - Waktu: Minggu, 1 Maret 2015 - 23:52 PM
Credit by: Planet mini Ceres difoto dari jarak 383.000 kilometer oleh pesawat ruang angkasa Dawn. (NASA/JPL-Caltech/UCLA/MPS/DLR/IDA/PS

Jakarta, PINews.com - Eris, Pluto, Makemake, Haumea dan Ceres merupakan planet – planet kerdil yang diakui oleh NASA dan International Astronomical Union (IAU). Dari ke lima planet tersebut, Ceres berkesempatan menjadi yang pertama untuk dikunjungi manusia dibumi.

Planet kerdil itu telah menarik perhatian NASA untuk mendaratkan pesawat antariksanya disana. Ceres pertama kali ditemukan pada tahun 1801 sebelum pluto ditemukan. Sebelum disebut sebagai planet kerdil, Ceres di sebut dengan planet dan kemudian Asteroid.

Dilansir dari CNN,  Menurut DR. Marc Rayman, Kepala Teknisi dan Direktur NASA Dawn, Ceres merupakan planet kerdil, akan tetapi ceres adalah objek terbesar di sabuk asteroid yang terletak antara orbit Jupiter dan Mars.

" Kami telah membimbing penyelidikan pesawat robotika ini selama lebih dari tujuh tahun pada perjalanan antar planet lebih dari 3 miliar mill. Sepanjang jalan kami berlayar melewati mars. Kami menghabiskan 14 bulan yang mengorbit dan meneliti protoplanet Vesta raksasa. Sekarang, akhirnya, kita berada di ambang melakukan eksplorasi pertama dari planet kerdil pertama," kata Rayman.

Gambar terbaru Ceres diambil ketika pesawat robotikan NASA berada 83.000 kilometer dari planet kerdil itu.

Rayman menduga, planet itu diisi oleh berbatuan dan es. Tetapi ia mungkin menyimpan banyak air cair dibawah permukaan. " Mungkin berupa kolam, danau, atau bahkan lautan, " tambahnya.

Rencananya, misi ruang angkasa NASA Dawn akan segera mendarat di Ceres pada 6 Maret 2015 dengan pesawat robotika. Dengan mempelajari Ceres, para peniliti berharap bisa lebih lanjut mengetahui bagaimana tata surya terbentuk.

Editor: RI