Okra, Tanaman Tidak Dikenal Tapi Kaya Manfaat

Penulis: Kontributor PIN-Ardhiana - Waktu: Minggu, 1 Maret 2015 - 22:42 PM
Credit by: Tanaman Okra (Ist)

Jakarta, PINews.com - Okra yang nama latinnya Okra Abelmoschus Esculentus berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini populer di India, Afrika Barat, dan Brasil. Buahnya yang panjang melancip dapat dimakan mentah sebagai sayuran, bahkan bisa dikonsumsi sebagai lalapan.

Meskipun okra telah lama ditanam di Indonesia, namun sepertinya saat ini tanaman yang juga biasa disebut Lady’s Finger  tidak banyak dikenal, bahkan untuk mencari di pasaran pun sangat sulit. Hal ini karena kurangnya sosialisasi mengenai manfaat Okra.

Padahal Okra mempunyai khasiat dan manfaat yang tidak sembarangan. Tanaman yang memiliki nama berbeda disetiap daerah ini memiliki beberapa kegunaan yang berhubungan dengan berbagai penyakit berat. Berikut ini khasiat dan manfaat Okra antara antara lain:

  1. 1. Serat unggul ditemukan dalam Okra membantu untuk menstabilkan gula darah.
  2. Okra membantu melumasi usus besar. Serat Okra membantu mencegah dan memperbaiki sembelit. Serat okra dengan karakteristik licinnya sebagai pengikat kelebihan kolesterol dan racun (dalam asam empedu).
  3. Serat Okra sangat baik untuk memberi makan bakteri baik (probiotik). Hal ini memberikan kontribusi bagi kesehatan saluran usus.
  4. Okra adalah sayuran tertinggi bagi mereka yang tengah merasa lemah, letih, dan menderita depresi.
  5. Okra digunakan untuk penyembuhan bisul dan untuk menjaga lentur sendi. Ini membantu untuk menetralisir asam yang sangat alkali. Selain itu okra mampu menyediakan lapisan pelindung sementara untuk saluran pencernaan.
  6. Okra juga dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, dan iritasi usus besar.

Untuk mempertahankan sebagian besar nutrisi, Okra harus dimasak dengan cara yang sedikit berbeda, misalnya dengan api kecil atau ringan saat dikukus. Beberapa memakannya mentah.

Manfaat lainnya adalah Okra telah berkebang menjadi sayuran yang dipercaya bisa untuk menurunkan berat badan. Segala khasiat okra ini dapat diperoleh dengan cara memasaknya yang benar. Okra dimasak di atas api kecil agar dapat mempertahankan sifat-sifatnya. Ini juga untuk memastikan bahwa lendir yang sangat berharga yang terkandung di dalamnya tidak hilang karena panas tinggi.

Protein dan minyak yang terkandung dalam benih-benih Okra berfungsi sebagai sumber pertama kadar protein nabati. Okra ini juga diperkaya dengan asam amino seperti halnya triptofan, sistin dan asam amino belerang.

Setengah cangkir Okra matang mengandung lebih dari 13 mg vitamin C. Cara mudah dalam mengkonsumsi okra adalah dibersihkan dengan air, kemudian okra dipotong kecil kecil dan letakkan di dalam gelas berisi air matang selama kurang lebih 1 jam. Setelah lendir okra bercampur dengan air matang tersebut, air dapat diminum secara langsung. Tanaman Okra dapat tumbuh hingga ketinggian 2 meter. Daunnya mempunyai ukuran 10-20 cm memanjang dan melebar. Bunganya berdiameter sekitar 4-8 cm.

Sedangkan buahnya (buah Okra) bisa tumbuh memanjang hingga 18 cm dengan warna hijau atau merah keunguan dan berbiji didalamnya. Buah Okra berbentuk seperti belimbing bersegi 5-8 dan mengandung banyak lendir.

 

Editor: RI