Pertama Di Dunia, Tim Dokter Sukses Operasi Tranplantasi Alat Kelamin Pria

Penulis: Rio - Waktu: Minggu, 15 Maret 2015 - 10:21 AM
Credit by: Tim dokter dari Universitas Stellenbosch dan Universitas Tygerberg di Afrika Selatan bergabung untuk melakoni operasi (Universitas Stellenbosch)

Jakarta, PINews.com - Kemajuan dibidang teknologi kesehatan kembali terjadi. Kali ini kemajuan untuk urusan alat kelamin berhasil dicapai Tim dokter dari Universitas Stellenbosch dan Universitas Tygerberg di Afrika Selatan.

Para ahli bedah dari kedua universitas itu sukses melakukan operasi transplantasi pertama di dunia pada alat kelamin pria berusia 21 tahun.

Sempat kesulitan karena pembuluh darah yang dimiliki alat kelamin sangat kecil. Tim pun sukses melakukan penyambungan alat kelamin dengan mengadopsi teknik yang biasa dilakukan pada operasi tranplantasi wajah.

“Operasi ini jelas sangat lebih sulit. Ukuran pembuluh darah penis 1,5 milimeter,” kata salah satu ahli bedah, Andre Van der Merwe, seperti dikutip dari BBC.

Pria yang dioperasi kehilangan sebagian alat kelaminnya karea adanya praktek sunat tradisional  saat berusia 18 tahun.

Hasil dari operasi sendiri cukup positif karena pasien bisa melakukan buang air kecil dan ereksi beberapa waktu setelah operasi. Namun masih harus menunggu selama 2 tahun agar alat kelamin bisa berfungsi secara sempurna. 

Editor: RI