Wow, Anak Ajaib Dari Indonesia Masuk Daftar Calon Peraih Grammy

Penulis: Awan - Waktu: Selasa, 8 Desember 2015 - 07:34 AM
Credit by: Joey Alexander (Ist)

Jakarta, PINews.com - Musik kerap kali menjadi harta yang tidak terdeteksi di Indonesia. Kali ini pianis jazz belia dari Indonesia, Joey Alexander (12 tahun), masuk dalam daftar calon penerima penghargaan paling bergengsi industri musik Grammy ke-58. Kemunculan Joey di nominasi Grammy yang diumumkan pada Senin oleh panitia di situs Grammy.

Melalui albumnya yang berjudul "My Favorite Things", Joey yang berasal dari Bali dinominasikan dalam dua --dari lima-- penghargaan kategori musik jazz yang diperebutkan, yaitu untuk "Best Jazz Instrumental Album" (My Favorite Things) dan "Best Improvised Jazz Solo" (untuk lagu "Giant Steps" dalam album My Favorite Things).

Penganugerahan penghargaan Grammy ke-58 akan diselenggarakan pada 15 Februari 2016 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Acara malam anugrah tersebut akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi CBS.

Untuk Grammy ke-58, National Academy of Recording Arts and Sciences akan memberikan penghargaan kepada para pemenang 83 kategori dari berbagai aliran musik, termasuk jazz, pop, rock, RnB, country dan alternatif.

Joey yang saat ini bermukim di New York bersama keluarganya bersanding dengan nama-nama besar dalam industri musik dunia seperti Taylor Swift, Kendrick Lamar, Ed Sheeran, Kelly Clarkson, Maroon 5, Nicky Minaj, Ricky Martin, Bjork, Ellie Goulding dan John Legend.

Untuk diketahui, "My Favorite Things" adalah album pertama Joey dan dikeluarkan pada Mei 2015, saat ia berusia 11 tahun. Album berisi sembilan lagu itu diproduksi oleh pemenang Grammy, Jason Olaine, melalui perusahaan rekaman yang berbasis di New York, Motema Music. Pada 30 Mei 2015, album tersebut bertengger di urutan ke-174 tangga lagu Billboard 200.

Pengakuan dunia terhadap kemampuan bermusik Joey tidak main-main, kemampuannya bahkan telah diulas di banyak media Amerika, termasuk surat kabar The New York Times dan Daily Telegraph, televisi CNN, WCBS dan NBC News serta majalah musik Down Beat. 

Editor: RI