Penjualan LNG Badak NGL Capai 111%

Penulis: Tantan - Waktu: Rabu, 3 Februari 2016 - 15:13 PM
Credit by: Ilustrasi fasilitas Badak LNG
Jakarta,PINews.com - Di tengah pelemahan harga minyak dan gas dunia, PT Badak Natural Gas Liquefaction atau Badak NGL, perusahaan pengolahan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) di Bontang, Kalimantan Timur membukukan penjualan LNG sebesar  189 standar kargo atau sekitar 10,6 juta metrik ton per tahun. Salis S Aprillian, Direktur Utama Badak NGL, mengatakan realisasi penjualan LNG ini sekitar 111%  di atas target sepanjang tahun lalu sebesar 170 standar kargo.
 
"Tahun ini perseroan memproyeksikan penjualan LNG sebesar 147 kargo atau sekitar 8,3 juta metrik ton per tahun, turun dibandingkan realisasi tahun lalu," ujar Salis di Jakarta, Selasa. Penurunan penjualan itu lebih disebabkan oleh berkurangnya pasokan gas alam dari hulu.
 
Untuk mencapai target penjualan LNG tahun ini, Badak NGL mengalokasikan belanja modal dan operasi sebesar US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,76 triliun.  Alokasi belanja modal antara lain untuk untuk modifikasi kilang (interconnecting module 1&2), DCS retrofit, dan lean gasproject. “Kami memang ada maintenance salah satu train, akan tetapi sudah ada back upsehingga kilang tetap bisa beroperasi dengam empat train,” ujarnya.
 
Selain itu, menurut Salis, Badak NGL menyusun beberapa skenario untuk dapat melanjutkan operasi dalam bingkai yang diberi nama the Second Life Cycle of Badak NGL. Di antara skenario itu adalah masuknya produser baru, yaitu ENI Jangkrik yang memiliki gas kering (lean gas) dan kemungkinan  meningkatnya kembali produksi Blok Mahakam pasca-pengalihannya kepada Pertamina.
 
Guna mempertahankan dan bahkan meningkatkan kinerja di tengah pelemahan harga migas, Badak NGL juga melakukan efisiensi biaya di berbagai fungsi/departemen dengan tetap mempertahankan reliabilitas (keandalan) dan keamanan kilang LNG. Efisiensi itu dilakukan antara lain melalui renegosiasi asuransi kilang, inhouse maintenancein-house dry dockinguntuk tugboat, renegosiasi pengadaan, in-house traning, dan restrukturisasi organisasi.
 
Harry Karyuliarto, pengamat gas, mengatakan dengan turunnya harga minyak mentah dunia dan ditambah kondisi kelebihan pasokan di wilayah Asia Pasifik, pasar LNG tidak menggembirakan, harga LNG internasional otomatis tertekan sangat rendah. Dalam dunia LNG, kondisi ini sering disebut dengan buyers market.  Harga LNG
 
“Ini merupakan kondisi untuk beli LNG. Sayangnya, meskipun kesempatannya ada, infrastruktur domestiknya belum memadai sehingga Indonesia tidak bisa memanfaatkan kondisi tersebut,” katanya.

PT Badak NGL adalah perusahaan penghasil gas alam cair terbesar di Indonesia dan salah satu kilang LNG terbesar di dunia. Perusahaan ini dibentuk pada 26 November 1974 oleh Pertamina, Huffco Inc, dan Japan Indonesia LNG Company (JILCO). Saat ini komposisi pemegang saham Badak NGL adalah Pertamina 55%, Vico Indonesia 20%, Total E&P Indonesie 10%, dan JILCO 15%.

Editor: RI