Pemerintah Segera Bangun Akses Kereta Api Langsung Ke Candi Borobudur

Penulis: Indra - Waktu: Jumat, 11 November 2016 - 09:51 AM
Credit by: Istimewa

Jakarta, PINews.com - Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk terus menggenjot jumlah kunjungan wisatawan. Jalur kereta api Jogjakarta – Jawa Tengah yang sudah “mati” sejak 1978 kini siap untuk direaktivasi lagi. Pengaktivasian kembali jalur ini untuk mempermudah akses wisatawan menuju Candi Borobudur.

Menteri Perhubungan Budi Sumadi Karya menjelaskan bahwa sebelum melakukan reaktivasi akan dilakukan  pengecekan sejumlah titik perlintasan Jawa Tengah serta alternatif titik perlintasan kereta Jogjakarta – Magelang.

“Reaktivasi jalur kereta api Jogjakarta – Magelang ini akan dilanjutkan hingga ke Candi Borobudur sehingga akses menuju candi lebih mudah. Kemudahan transportasi itu diharapkan dapat membuat Candi Borobudur semakin “laku” di pasar wisata dunia” kata Budi seperti dilansir phinemo.

Menyadari akan pentingnya akses yang menghubungkan kota-kota besar di Jawa Tengah ke Borobudur, Budi pun sudah merencanakan untuk mengintegrasikan jalur kereta api ke Borobudur dengan Solo, Jogja, dan Semarang.

Candi Borobudur lebih mudah diakses dari berbagai kota di Jawa Tengah. Hal ini pasti juga akan berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Namun, upaya reaktivasi perlintasan kereta api mengalami sedikit kendala. Di perlintasan lama yang telah ada, berdiri bangunan-bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat setempat. Jika tetap dipaksakan, permasalahan sosial dan finansial masyarakat akan muncul di permukaan. Sebagai solusi, Budi mengatakan akan membangun jalur perlintasan-perlintasan baru yang akan dibangun pada tahun pertengahan tahun 2018. Budi menargetkan, jalur  perlintasan kereta api tersebut akan selesai pada 2019.

Editor: RI