Inflasi Mei 2017 sebesar 0,39%

Penulis: L Hermawan - Waktu: Jumat, 2 Juni 2017 - 10:33 AM
Credit by: kemendag

Jakarta, PINews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi pada Mei 2017 sebesar 0,39%, yang disumbangkan oleh kenaikan harga kebutuhan pangan jelang periode Ramadhan, kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Angka ini naik dari inflasi April 2017 yang tercatat 0,09%. Dengan demikian, tingkat inflasi tahun kalender (Januari–Mei) 2017 sebesar 1,67%. 
Sebelumnya, dia mengatakan kenaikan laju inflasi pada Mei 2017 tidak signifikan karena pemerintah sudah mengendalikan harga. Menurutnya, laju inflasi pada Mei terlihat dipengaruhi oleh pergerakan harga bahan makanan yang sempat mengalami kenaikan pada pekan pertama dan kedua, namun mulai menurun pada pekan ketiga dan keempat.

"Minggu ketiga, minggu kempat ini sepertinya sudah turun lagi. Harga beberapa komoditas mulai turun, seperti bawang putih. Daging juga bagus, mengalami penurunan. Gula pasir juga terkendali," katanya.

Ia mengharapkan tren harga bahan makanan yang mulai menurun ini bisa terus terjaga pada periode puasa dan lebaran, agar beban inflasi tinggi tidak terjadi pada Juni 2017.

Sebelumnya, BPS mencatat inflasi April 2017 sebesar 0,09% karena terjadi penyesuaian tarif listrik untuk rumah tangga 900 VA nonsubsidi dalam bulan tersebut.

Dengan inflasi April tercatat 0,09% maka inflasi tahun kalender Januari-April 2017 telah mencapai 1,28% dan inflasi secara tahunan (year on year) sebesar 4,1%.

Meski demikian, kelompok bahan makanan tercatat mengalami deflasi pada April 2017 sehingga ikut menekan pergerakan inflasi.

Beberapa harga komoditas pangan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, beras, daging sapi, ikan segar dan telur ayam ras tercatat mengalami penurunan.

Harga komoditas lainnya seperti bawang putih, daging ayam ras, tomat dan jeruk, masih mengalami kenaikan pada periode ini.

Beberapa bahan makanan ini masih mengalami kenaikan harga seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat menjelang puasa dan lebaran.

Komoditas bawang putih mengalami kenaikan harga tertinggi yaitu mencapai 28,79%, disusul cabai merah 14,97%, telur ayam ras 8,34% dan daging ayam ras sebesar 4,2%. 

Harga cabai rawit sempat mengalami penurunan harga tertinggi pada Mei 2017, namun harga itu masih jauh lebih tinggi jika dibandingkan harga komoditas yang sama pada bulan April dan Mei 2016.
 

Editor: HAR