Gara-Gara Spectacles, Snapchat Rugi Besar

Penulis: Rio Indrawan - Waktu: Rabu, 8 November 2017 - 10:56 AM
Credit by: Spectacles.com

Jakarta, PINews.com - Inovasi tak selalu membuahkan hasil. Pil pahit justru harus ditelan Snap Inc, perusahaan pemilik Snapchat, karena harus kehilangan hampir US$40 juta  karena kacamata berkamera mereka, Spectacles, yang tidak terjual.

Kerugian tersebut, seperti yang diberitakan laman The Verge disebabkan terutama akibat kelebihan persediaan inventaris dan perjanjian pembelian yang berkaitan dengan biaya pembatalan. Singkatnya, pembelian kacamata tidak sebesar yang diperkirakan Snap dan terdapat konsumen yang mengembalikan Spectacles yang sudah mereka beli.

Berdasarkan laporan keuangan Snap per Oktober 2017, menurut kabar dari The Information, perusahaan itu harus berurusan dengan ratusan ribu kacamata yang belum terjual.

Menurut pengakuan CEO Snap, Evan Spiegel, bulan lalu, Snap sudah menjual sekitar 150 ribu  unit Spectacles. Snap menjual kacamata ini dengan konsep unik, melalui mesin vending Snapbot yang lokasinya baru dapat diketahui secara online melalui hitung mundur.

Google juga gagal menarik hati konsumen dengan kacamata Google Glass beberapa waktu lalu.

Namun, Amazon dikabarkan sedang mengembangkan perangkat wearable perdana mereka, berupa kacamata pintar terintegrasi dengan perintah suara Alexa.

Perangkat tersebut, seperti yang dikutip The Verge dari Financial Times, akan terlihat seperti kacamata biasa yang menggunakan rangka yang memakai teknologi sehingga pemakainya bisa mendengar Alexa tanpa perlu memakai pengeras suara atau earphone. Kacamata tersebut diperkirakan tidak akan memiliki layar atau kamera.

Amazon juga disebut sedang membuat kamera keamanan, perangkat rumah yang terpisah dari lini Echo. Kamera keamanan itu akan dinamai Echo Look dan saat pertama kali terungkap, terlihat seperti kamera keamanan konvensional. Menurut sumber anonim, satu atau kedua produk itu mungkin keluar tahun ini, bersama produk Echo terbaru.

Editor: HAR