Program Mekaar Dorong Ribuan Keluarga di Tambora Sejahtera

Penulis: L Hermawan - Waktu: Kamis, 7 Juni 2018 - 10:52 AM
Credit by: kementerian bumn
Jakarta, PInews.com - Dalam nuansa Ramadan, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program pemberdayaan ekonomi seperti program Membina EKonomi Keluarga Sejahtera (MEKAAR). Kali ini, Staf Khusus V Menteri BUMN, Parman Nataatmadja didampingi Staff Khsusus III Menteri BUMN, Wianda Pusponegoro dan Durektur Utama PT Permodalan Nasional Madani (Persero)/PT PNM, Arief Mulyadi bertemu langsung dengan 2.700 nasabah Mekaar di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada Rabu. 

Di hadapan para nasabah, Parman memberikan dukungan dan semangat untuk terus bekerja dan berusaha dan berkesempatan menyapa dan mengunjungi salah satu kelompok Mekaar Tambora.

“Jangan pernah pantang menyerah harus tetap semangat demi membantu perekonomian keluarga serta terus kembangkan usaha dan juga jangan lupa untuk menabung dari hasil usaha yang ibu-ibu geluti,” katanya sembari menyalami ibu-ibu nasabah.

Menurut Parman, program Mekaar merupakan bentuk nyata keberpihakan pemerintah melalui BUMN dalam meningkatkan ekonomi masyarakat kecil. Program Mekaar secara langsung memberi akses keuangan ke berbagai masyarakat termasuk kelompok para ibu yang berpotensi menjadi pendukung ekonomi keluarga sehingga program unggulan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) ini juga bisa menjadi upaya efektif pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan.

Dalam kunjungan ini juga secara simbolis diberikan bingkisan Ramadan kepada Ibu-ibu nasabah Mekaar Tambora yang dikemas dalam acara “Bazar Sembako Murah” dan bertempat di Lapangan Sepak Bola Tambora, Jakarta Barat. PT PNM bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) dan Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) menyalurkan beragam bahan pokok dengan harga terjangkau sebanyak 2.700 paket.

“Ini merupakan wujud kepedulian BUMN di bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bersifat positif. Ini juga merupakan wujud rasa syukur bahwa pada saat ini kita masih diberi kesempatan dan kemampuan untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan, yaitu bersama 2.700 nasabah Mekaar Tambora Jakarta Barat, Terima kasih kepada BUMN-BUMN yang hari ini susdah bersinergi an mewudukan kepedulianya bagi masyarakat,” ungkap Parman.

PT PNM (Persero) melalui program Mekaar telah melayani 3.267.957 nasabah di seluruh Indonesia dengan jumlah penyaluran dana tercatat sebesar Rp6,99 triliun hingga Mei 2018. Untuk wilayah Provinsi DKI, tercatat ada 42.167 nasabah dengan jumlah kantor layanan sebanyak 399 unit.

Pada akhir 2018, PNM menargetkan untuk menambah jangkauan kantor layanan hingga 2.000 kantor cabang dan dapat melayani 4 juta nasabah. PNM pun terus membangun kerjasama dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN untuk dapat meningkatkan layanan kepada nasabah Mekaar berupa pembuatan Kartu ATM dan Buku Tabungan Edisi Khusus Mekaar. 

Melalui Tabungan Mekaar, nasabah Mekaar diharapkan dapat lebih giat untuk menabung dan sekaligus menjadi kesempatan bagi nasabah Mekaar untuk menjadi bagian dari dunia perbankan yang selama ini sulit diakses masyarakat kecil. PNM berharap dengan semangat mensejahterkan perempuan pra-sejahtera, dapat turut mensejahterakan jutaan keluarga Indonesia. 

 

Editor: HAR