Upaya Reaktivasi Struktur Wampu, Pertamina EP Bor Sumur Wampu D2

Penulis: Alamsyah - Waktu: Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:49 PM

Jati Utomo-PINews.com,-  PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah SKKMIGAS, melalui unit Asset 1 Pangkalan Susu Field terus berupaya untuk meningkatkan hasil produksi. Kali ini usaha mencari sumber baru migas dilaksanakan melalui pengeboran Sumur Wampu D2. Sumur ini berlokasi di Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Dilaksanakan juga sosialisasi dan doa bersama agar pemboran berjalan dengan lancar pada  akhir pekan lalu. lalu.

Dalam kesempatan tersebut, PT Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu Field Manager Sumadi Paryoto mengungkapkan sejarah Struktur Wampu “Struktur Wampu sudah ditemukan dan dikelola sejak tahun 1975 ditandai dengan pengeboran sumur Wampu 01 pada Oktober 1975. Namun, seiring dengan waktu, struktur wampu terakhir berproduksi pada Oktober 2014”, terangnya.

Sumadi memaparkan bahwa struktur Wampu pernah menjadi andalan Pertamina EP untuk memproduksikan gas dan kondensat. “Setelah hampir 4 tahun tidak aktif, PT Pertamina EP melihat harus ada upaya-upaya untuk menghidupkan kembali struktur Wampu”, kata Sumadi.

Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh Pertamina EP diantarnya melalui perawatan sumur, kerja ulang pada sumur-sumur eksisting serta pengeboran sumur baru. “Sumur Wampu D2 setelah nanti ditajak akan menjadi sumur Wampu 10. Sumur ini berada satu lokasi dengan Sumur Wampu 6, Wampu 7 dan Wampu 9”, jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut, Sumadi menyampaikan harapannya agar kegiatan pemboran dapat berjalan dengan baik serta mendapatkan dukungan dari segenap pemangku kepentingan. 

Dia menjelaskan bahwa penemuan sumur gas baru sangat penting untuk negara, terutama bagi Provinsi Sumatera Utara karena meningkatkan kebutuhan gas untuk industri, pembangkit listrik dan rumah tangga.

Sementara itu, Camat Binjai Utara Adri Rivanto, menyampaikan bahwa sebagai pimpinan wilayah Kecamatan Binjai Utara, pihaknya mendukung kegiatan yang dilaksanakan Pertamina EP. “Apa yang menjadi niat, apa yang dikerjakan semoga dapat bermanfaat bagi negara dan masyarakat sekitar perusahaan”, harapnya. Saat ini PEP Asset 1 Pangkalan Susu Field menghasilkan produksi sebesar 430 BOPD dari target sebesar 650 BOPD.

Dalam kesempatan tersebut, perusahaan memberikan santunan kepada masyarakat dan bantuan peralatan sekolah kepada total seratus warga sekitar yang berasal dari Kelurahan Jati Utomo dan Desa Sidomulyo.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama untuk memohon kelancaran operasi pemboran dan kesehatan serta kemudahaan bagi seluruh masyarakat Kelurahan Jati Utomo dan Desa Sidomulyo.

Editor: