Maksimalkan Kinerja Industri Pertambangan Melalui Teknologi Pelumas Pertamina

Penulis: Alamsyah - Waktu: Rabu, 12 September 2018 - 13:51 PM

Jakarta,PINews.com,-  PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri domestik dan internasional mendukung penuh pertumbuhan sektor industri pertambangan tanah air dengan menghadirkan berbagai pelumas unggulannya dalam pameran Mining & Engineering (M&E) Indonesia 2018 “The Mining Innovation Hub” yang akan di selenggarakan pada 12 – 14 September 2018 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta. Booth Pertamina Lubricants dapat dikunjung di Hall A1, E1.

Selain itu, Pertamina Lubricants juga akan berpartisipasi sebagai pembicara dalam Mining & Technology Innovation Seminar 2018 pada 13 September 2018 di Mining Theater Hal A1. Pada sesi 2 pukul 14:15 – 15:00 WIB tersebut, Technical Specialists Heavy Duty Equipment PT Pertamina Lubricants Agung Prabowo akan membicarakan mengenai Enhancing Fleet Performance Through Breakthrough in Lubricants” yang membahas bagaimana pelumas dan sistem pelumasan dapat membantu dalam perawatan asset/peralatan serta membantu dalam hal cost – efficiency.

Produk Inovatif

Selama lebih dari 60 tahun, pelumas Pertamina secara konsisten menjawab berbagai tantangan industri pertambangan di Indonesia dengan memberikan produk pelumas industri yang inovatif dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi mesin terkini melalui penelitian, pengembangan dan pengujian produk yang ketat.

Pertamina Lubricants secara konsisten bekerja bersama dengan konsumen dan juga para ahli untuk memberikan produk yang sejalan dengan misi pemerintah untuk merealisasikan penghematan energi (efisiensi) guna membangun sektor industri pertambangan yang berkelanjutan di Indonesia. Dalam hal ini, Pertamina Lubricants melihat bahwa semua entitas dan produk sudah harus mendorong misi tersebut. Sebagai pemimpin pasar pelumas industri di Indonesia, Pertamina Lubricants merealisasikan melalui produk-produk pelumas industri yang ditopang dengan dukungan base oil dan aditif yang tepat dan berkualitas tinggi guna mencapai target kinerja yang diharapkan.

Pada pameran M&E Indonesia 2018 ini, Pertamina Lubricants memperkenalkan berbagai varian produk pelumas industri khusus untuk industri pertambangan, baik untuk operasional mesin maupun alat berat dan transportasi. Antara lain Turalik HE Series, , Pertamina HD Coolent PG, Pertamina HD Coolent EG dan Meditran SX Ultra

Turalik HE Series adalah pelumas hidrolik kualitas premium yang diformulasikan dengan teknologi DYNAVIS® dari Evonik Industries, yang terbukti dapat mencapai produktivitas peralatan serta efisiensi pompa dan bahan bakar yang lebih baik dari pelumas monograde. Data pemakaian menunjukan bahwa Turalik HE dapat meningkatkan produktivitas hingga 9,4%, yang juga berarti penghematan penggunaan bahan bakar.

Turalik HE dapat membantu meningkatkan produktivitas peralatan serta efisiensi pompa dan bahan bakar karena memiliki sifat anti keausan yang baik untuk memperpanjang masa pakai peralatan berkat stabilitas yang tinggi terhadap oksidasi, meminimalkan kerusakan pelumas, pengentalan dan terbentuknya deposit dan sludge. Selain itu, Turalik HE dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap varnish, rust, dan korosi untuk menghasilkan performa hidrolik yang optimum dan sistem yang lebih bersih.

Sedangkan, Pertamina HD Coolent PG dan Pertamina HD Coolent EG serta Meditran SX Ultra diperuntukan untuk menunjang kinerja transportasi di industri ini. Pertamina HD Coolent PG dan Pertamina HD Coolent EG dikembangkan untuk melindungi mesin/komponen mobil, truk, bis dan alat berat (yang terbuat dari berbagai logam seperti ferrous, copper solder, brass, steel cast iron, aluminium) terhadap kerusakan akibat korosi. Produk ini berisi campuran inhibitor yang dirancang untuk memberikan perlindungan optimal terhadap korosi pada radiator, cylinder blocks/heads dan pompa air, mencegah pengerakan dan terbentuknya foaming.

Untuk mesin berbahan bakar diesel, Pertamina Lubricants menghadirkan Meditran SX Ultra yakni, pelumas diesel tugas berat berkinerja tinggi yang dirancang untuk mesin diesel yang dilengkapi dengan teknologi EGR (Exhaust Gas Recirculation) dan mesin-mesin diesel tugas berat lain yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur menengah maupun rendah, baik untuk aplikasi high-way maupun off-highway.

Pelayanan Konsumen Industri yang Terdepan  

Selain produk pelumas industri yang telah teruji, berkualitas internasional, dan bermutu tinggi, Pertamina Lubricants juga memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan after-sales service yang sangat menyeluruh. Pertamina Lubricants merupakan penyedia pelumas industri terbesar di Indonesia dengan kualitas berkelas dunia yang di dukung dengan pelayanan purna jual yang lengkap, meliputi layanan teknis (technical assistance), stock management, in-house training pelumasan untuk mesin industri di ILMA (Intergrated Lubrication Management Academy), Oil Monitoring System di Oil Clinic, Industrial Problem Solving, Lube Recomendation Charts dan field engineer khusus yang dapat terjun langsung dalam mengecekan oli secara berkala.

 

Editor: