Anak Usaha Sinar Mas Remajakan Sawit di Kampar

Penulis: L Hermawan - Waktu: Kamis, 21 Februari 2019 - 08:14 AM
Credit by: sinarmas/dok

Kampar, PINews.com - PT Ramajaya Pramukti, anak usaha Sinar Mas Agribusiness and Food bersama BRI Agro, Koperasi Unit Desa (KUD) Makmur Lestari dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) membangun kemitraan usaha strategis  guna melaksanakan program peremajaan sawit plasma di Desa Kenantan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Program peremajaan sawit plasma ini dilakukan di kebun binaan KUD Makmur Lestari pada lahan seluas lebih dari 300 Ha dengan melibatkan 145 petani sawit.

 Sejak September 2018, petani, kelompok tani dan KUD yang difasilitasi oleh PT Ramajaya Pramukti mengajukan program peremajaan dengan dana hibah BPDP-KS dan fasilitas kredit BRI Agro. Tingginya minat petani plasma dengan adanya dana hibah BPDP-KS ini memberikan dampak yang sangat baik untuk mengurangi beban petani plasma dalam meremajakan kebunnya.

“Tentu kami sangat senang dan menyambut baik kerja sama yang baik ini terutama dana hibah yang diberikan oleh BPDP-KS kepada KUD kami. Semoga dana hibah ini bisa bergulir dan dirasakan oleh KUD-KUD sawit yang lain,” ucap Sudirman, Ketua KUD Makmur Lestari Riau.

Untuk tahap pertama, peremajaan akan dilakukan di lahan seluas 322 ha dari 1.000 ha kebun binaan KUD. Total luas plasma Region Kampar, PT Ramajaya Pramukti sekitar 18.158 ha yang akan di-replanting secara berkala dari 2019-2025.

“Kerja sama antara BPDP-KS, BRI Agro dan KUD Makmur Lestari untuk peremajaan kebun kelapa sawit seluas 322 ha merupakan sebuah program kerja sama yang sangat strategis. KUD mendapatkan dana hibah yang dapat meringankan biaya mereka dari BPDP-KS dalam proses peremajaan kelapa sawit dan bunga yang kompetitif dari pihak bank”, jelas HY Sihotang, Plasma Controller Riau, Sinar Mas Agribusiness and Food.

Editor: HAR