CIP Pertagas Hasilkan Value Creation Rp381 Miliar

Penulis: ika - Waktu: Rabu, 18 November 2020 - 23:43 PM

JAKARTA- Sebagai realisasi komitmen dalam meningkatkan kompetensi, inovasi dan perbaikan pekerja, pada 16 - 18 November 2020 PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi dari Subholding PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kembali menggelar Forum Continuous Improvement Program (CIP) 2020. Berbeda dengan tahun- ahun sebelumnya, kegiatan yang mengangkat tema “Digitizing Innovation During a Pandemic” ini diselenggarakan secara online menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Wiko Migantoro, Direktur Utama Pertagas, mengapresiasi motivasi para pekerja bahwa pandemi tidak menyurutkan kreatifitas dan semangat berinovasi demi perusahaan. Tahun ini , partisipasi pekerja pada kegiatan CIP meningkat dari tahun lalu menjadi 78% dan menghasilkan value creation sebesar Rp381 milair. “Ini menjadi capaian yang luar biasa & bukti bahwa dengan inovasi Pertagas dapat survive pada 2020,” ujar Wiko dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11).

Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini diikuti oleh sebagian besar pekerja yang tersebar di seluruh Area Operasi dan Anak Perusahaan Pertagas. "Forum CIP tahun menghasilkan 60 risalah yang terdiri dari 11 Creative Idea (CI), 12 Individual Improvement (IP), 26 Functional Team Improvement (FTP) dan 10 Project Collaboration Improvement (PCP)", ungkap VP QHSSE Pertagas Indra P Sembiring saat membacakan laporan kegiatan.

Indra menambahkan rangkaian kegiatan CIP telah dilaksanakan sejak Januari 2020 yang dimulai dengan kegiatan Kick Off, Pendaftaran Judul CIP, Training Penyusunan Risalah, Coaching hingga kegiatan pada hari ini. "Selain itu kami juga akan mempersiapkan perwakilan gugus yang akan diikutsertakan pada Forum CIP Subholding Gas PT PGN Tbk. yang akan dilaksanakan pada akhir November 2020,” imbuhnya.

Pelaksanaan CIP kali ini menghadirkan 15 dewan juri yang terdiri atas perwakilan PT Pertamina (Persero), Subholding Gas PT PGN Tbk., PT Elnusa Tbk dan internal Pertagas. Dari hasil penjurian sebanyak 20 Gugus meraih predikat gold, 31 Gugus meraih predikat silver dan sembilan Gugus meraih predikat bronze.

Selain itu Forum CIP 2020 Pertagas juga memberikan penghargaan lainnya yaitu: 

 - Best of The Best diraih oleh Operation Central Sumatera Area

- The Best I Prove diraih oleh I Prove Lontong Sotong dari Operation South Sumatera Area

- The Best FT Prove diraih oleh FT Prove Babat Rembat dari Operation West Java Area

- The Best PC Prove diraih oleh PC Prove Kopi89 dari Fungsi Commercial Gas & Product

- The Best Creative Idea diraih CI Kutilang 8 dari Operation Central Sumatea Area

- The Best Presentation Stream A diraih oleh FT Prove Kwaci Brandan dari Operation North Sumatera Area

- The Best Presentation Stream B diraih oleh I Prove Kekeyi dari Operation South Sumatera Area

- The Best Presentation Stream C diraih oleh FT Prove Jago Gas In dari fungsi Technical Management

- The Best Presentation Stream D diraih oleh FT Prove The Tax Tive dari fungsi Treasury

- The Best Presentation Stream E PC Prove AHTS dari Fungsi Human Capital & Business Support

- The Best Value Creation diraih oleh PC Prove HRC Team dari Fungsi Supply Chain Management. (ika)

 

Editor: ika