Pebulutangkis No 1 Dunia Lee Chong Wei Terancam Diskors Karena Gagal Tes Doping
Credit by: Lee Chong Wei (Ist)

Jakarta, PINews.com - Berita mengejutkan datang dari dunia bulutangkis dunia setelah atlet bulutangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei diberitakan gagal tes doping.

Kondisi ini membuat pebulutangkis asal Malaysia terancam hukuman dua tahun larangan bermain. Federasi Bulutangkis Dunia (WBF) tengah membentuk tim khusus untuk menyelidiki kepastian hasil tes ini.

“Organisasi (bulutangkis) dunia menjatuhkan skors ini karena ditemukan analisis berlawanan yang diambil dari sampel di Kejuaraan Dunia," pernyataan BWF, seperti dikutip dari BBC.

Selain larangan bermain, pemain berusia 32 tahun itu juga terancam dicabut peringkat duanya dalam ajang kejuaraan bulutangkis dunia pada Agustus lalu. Gagal tes doping Lee Chong Wei  saat mengikuti kejuaraan tersebut dengan ditemukannya zat anti pembengkakan dexamethasone dalam tubuhnya.

Terkait kasus ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysiapun ikut angkat bicara. Khairy Jamaluddin mengatakan zat dexamethasone diberikan ke Lee Chong Wei oleh klinik khusus olahraga saat menjalani terapi pemulihan cedera paha.

Editor: RI