Belanja Online Jadi Kebiasaan Wanita Indonesia
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Soal belanja barang lewat Internet di negara ini, perempuan jagonya. Di Indonesia, sekitar 40 juta perempuan Indonesia telah terhubung ke Internet dan sekitar 65% perempuan mengendalikan keputusan belanja di banyak rumah, demikian menurut survei terbaru Female Daily Network, forum online terbesar untuk perempuan di Indonesia. Namun baru beberapa perusahaan yang memanfaatkan potensi ini, kata Hanifa Ambadar, pendiri dan CEO Female Daily. Female Daily adalah forum yang menawarkan saran dan tips untuk berbagai hal, dari pakaian, kecantikan, sampai produk gaya hidup. Terdapat juga sarana untuk jual beli barang bagi anggota forum. Female Daily baru-baru ini mendapatkan investasi sebesar $1 juta dari tiga perusahaan venture capital, Ideosource, Sinar Mas Digital Ventures, dan Convergence Accel. Investasi ini akan dipakai untuk mengembangkan platform Web dan mobile Female Daily.

Nilai pasar produk kecantikan untuk perempuan di Indonesia pada 2013 adalah $2,2 miliar atau setara Rp25,2 triliun. Saat ini terdapat sekitar 10.000 brandkecantikan yang jenisnya beragam, dari perawatan rambut, produk mandi dan perawatan tubuh, serta kosmetik. Sebanyak 80% perempuan Indonesia lebih menyukai belanja produk kecantikan di Internet ketimbang pakaian, aksesori, makanan dan minuman, sepatu, atau kebutuhan anak, kata Hanifa.

Persentase pengguna Internet perempuan di Indonesia yang lebih suka belanja online lewat media sosial, menurut survei Female Daily. Platform lainnya adalah marketplace atau forum (72%), blog atau katalog (58%), situs e-commerce lokal (45%), grup chat (48%), dan situs e-commerce internasional (35%). Di antara 40 juta pengguna Internet perempuan di Indonesia, 66% pernah membeli barang di Internet untuk keluarga, dan 38% pernah membeli barang di Internet untuk teman. Di antara responden yang melihat-lihat namun batal membeli, 33% mengaku lantaran berubah pikiran.

Rata-rata uang yang dikeluarkan perempuan Indonesia saat belanja online. Sekitar 50% responden yang disurvei Female Daily mengaku akan belanja lebih banyak di Internet tahun depan. Di antara penggemar belanja online, 64% mengatakan mediaonline dan blog paling berpengaruh dalam menentukan keputusan belanja mereka, sementara 74% mengaku paling terpengaruh oleh teman di jejaring sosial atau forum komunitas. (twsj)

Editor: RI