PT Pertamina EP Raih 14 Peringkat Hijau dan 10 Peringkat Biru Dalam PROPER Periode 2013 - 2014
Credit by: Para peraih gelar Proper Hijau PT Pertamina EP (pertamina-ep.com)

Jakarta,PINews.com - PROPER bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui penyebaran informasi kinerja penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Guna mencapai peningkatan kualitas lingkungan hidup. Peningkatan kinerja penaatan dapat terjadi melalui efek insentif dan disinsentif reputasi yang timbul akibat pengumuman peringkat kinerja PROPER kepada publik.

Sejalan dengan tujuan PROPER, PT Pertamina EP dalam menjalankan roda perusahaan memiliki visi tumbuh bersama lingkungan. Ini artinya kelestarian lingkungan  baik flora fauna dan lingkungan masyarakat menjadi harga mati bagi perusahaan.  Keseriusan salah satu anak perusahaan Pertamina dalam bidang lingkungan ini dibuktikan dengan sukses mendapatkan 14 PROPER Hijau dan 10 PROPER Biru.

Acara penyerahan PROPER dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.  di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (2/12).

Dalam sambutannya Wapres Jusuf Kalla berpesan agar seluruh perusahaan yang sudah terdaftar dalam PROPER untuk terus meningkatkan inovasi dan programnya dalam melestarikan lingkungan. “Saya minta kepada perusahaan baik yang mendpapatkan Emas atau Hijau jangan berpuas diri, karena limbah perusahaan pasti ada dan itu perlu untuk terus dikelola dengan lebih baik dan lebih baik lagi,” kata Jusuf kalla.

Sementara itu, sejalan dengan yang disampaikan Wapres bahwa pengalaman PROPER selama 20 tahun harusnya membuat nilai-nilai ketaatan dan aturan lebih diimplementasikan perusahaaan. “Penggunaan sumber daya alam yang efisien, praktek bisnis dan beretika dan mengurangi kesenjangan kesejahteraan dengan program pemberdayaan masyarakat harus terus ditingkatkan,” kata Siti Nurbaya.

Keberhasilan PT Pertamina EP sendiri dalam meraih peringkat PROPER tahun ini bukan tanpa usaha. Berbagai program yang dicanangkan secara konsisten dilakukan PT Pertamina EP yang tergabung dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) . Seperti misalnya dalam rangka pemberdayaan masyarakat diantaranya, pembinaan budidaya ikan lele yang dilakukan oleh Rantau Field di wilayah Aceh Tamiang. Program ini berhasil mengangkat perekonomian warga sekitar wilayah operasi Rantau Field. Itu merupakan salahsatu program pembinaan masyarakat, masih ada lagi berbagai program yang dilakukan di seluruh Field PT Pertamina EP seperti misalnya, pembinaan anyaman tepas, budidaya rumput laut, budidaya tanaman hidroponik dan berbagai program pembinaan lainnya yang sudah dirasakan manfaatnya secara nyata yakni ikut mengkatrol perekonomian masyarakat sekitar wilayah perusahaan.

Selain dari bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, CSR PT Pertamina EP juga menyentuh bidang konservasi dan kelestarian keanekaragaman hayati. Konservasi hewan hampir punah menjadi fokus di bidang pelestarian Fauna seperti konservasi tuntung laut, konservasi Bekantan, konservasi Burung Maleo konservasi Owa Jawa, konservasi Kodok Merah dan berbagai konservasi lainnya di berbagai Field yang tersebar diseluruh wilayah nusantara.

Salah satu program unggulan dari PT Pertamina EP adalah program 1 sumur 1.000 pohon. Ini merupakan komitmen nyata perusahaan untuk turut menggalakan penghijauan di tanah air. rata-rata field PT Pertamina EP sepanjang tahun 2014 ini sudah menanam sekitar 20.000 bibit pohon. Bibit pohon yang ditanam PT Pertamina EP tidak hanya meliputi pohon untuk tuuan penghijauan saja, akan tetapi juga tanaman atau pohon yang memiliki nilai ekonomi dengan menghasilkan buah atau hasil olahan tanaman lainnya.

“Kami ingin masyarakat lebih mengenal PT Pertamina EP dengan sudut pandang yang positif, bahwa PT Pertamina EP sangat concern dengan masalah lingkungan. Di setiap wilayah operasi PT Pertamina EP kami pasti turut melestarikan lingkungan, karena tumbuh bersama lingkungan sudah menjadi komitmen serta unsur penting pengelolaan PT Pertamina EP,” kata Adriansyah President Director PT Pertamina EP.

Sementara itu, Irwansyah selaku General Manager Asset 1 mengungkapkan peringkat tahun ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh pihak. Seluruh field di Asset sendiri berhasil menyapu bersih peringkat PROPER Hijau.

“Ini merupakan hasil kerja keras kita semua, seluruh elemem perusahaan tentu saja. Untuk asset 1 sendiri sebenarnya kita menargetkan salahsatu field mendapatkan peringkat Emas (Gold) tapi memang diakui untuk mencapainya tidak mudah,” kata Irwansyah saat ditemui seusai penyerahan penghargaan.

Lebih lanjut Irwansyah mengungkapkan hasil tahun ini bisa jadi pelecut semangat untuk mendapatkan minimal peringkat Gold di tahun depan. “Harapannya sekaligus target kami tahun depan salah satu field bisa dapat Gold, kami akan terus berusaha agar cita-cita itu terwujud,”tambahnya.

Berikut ini daftar peraih PROPER Hijau PT Pertamina EP

  1. PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau
  2. PT Pertamina EP Asset 1 Field Pangkalan Susu
  3. PT Pertamina EP Asset 1 Field Jambi
  4. PT Pertamina EP Asset 1 Field Lirik
  5. PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba
  6. PT Pertamina EP Asset 2 Field Prabumulih
  7. PT Pertamina EP Asset 2 Field Pendopo
  8. PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang
  9. PT Pertamina EP Asset 3 Field Jatibarang
  10. PT Pertamina EP Asset 3 Field Tambun
  11. PT Pertamina EP Asset 5 Field Papua
  12. PT Pertamina EP Asset 5 Field Sangasanga
  13. TAC Pertamina Semberah Persada Oil
  14. TAC Pertamina Insani Mitrasani Gelam

Berikut daftar peraih PROPER Biru PT Pertamina EP

  1. PT Pertamina EP Asset 2 Field Adera
  2. PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu
  3. PT Pertamina EP Asset 5 Field Sangatta
  4. PT Pertamina EP Asset 5 Field Bunyu
  5. PT Pertamina EP Asset 5 Field Tanjung
  6. PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan dan Sembakung
  7. KSO SE – BWP MERUAP
  8. TAC Pertamina Intermega Salawati
  9. TAC Pilona Petro Tanjung Lontar
  10. PT KSO Pertamina EP - Benakat Barat Petroleum
Editor: RI