Mau Tau Trik Jitu Agar Diterima Kerja Saat Interview?
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Interview atau wawancara kerja adalah salah satu hal penting yang harus dilewati saat akan memasuki dunia kerja. Selain CV yang menarik, pihak perusahaan ingin mengetahui secara langsung karakter calon karyawannya. Wawancara kerja sangat menentukan apakah seorang pelamar sesuai atau tidak dengan karakter perusahaan.

Ini dia beberapa rahasia dibalik wawancara kerja. Banyak orang yang salah mengira bahwa saat-saat penentuan berada di awal-awal wawancara, namun dari rahasia yang ia beberkan, justru saat penentuan berada di akhir atau penghujung wawancara. Berikut ini adalah beberapa rahasia yang ia beberkan.

Lima menit pertama
Setiap bagian dalam interview kerja sangat penting. Itu berarti mulai dari langkah pertama memasuki ruangan interview, seorang pelamar sudah mulai dinilai. Dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan Kate terhadap 500 orang staff HRD dari berbagai perushaan, merkea mengaku bahwa keputusan diterima atau tidak sudah bisa diambil pada saat lima menit pertama. Mulailah interview dengan jabat tangan yang erat dan nyaman, buatlah kontak mata yang sopan dan tidak menantang, tunjukkan energi Anda di saat ini. Cara Anda berpakaian juga menentukan kesan pertama yang bagus.

Selama wawancara
Ini adalah kesempatan untuk “menyombongkan diri” di depan pewawancara. Bicaralah dengan lancar dan tidak terbata-bata. Selalu persiapkan diri untuk pertanyaan “deskripsikan diri Anda” sebelumnya. Ceritakan prestasi dan pencapaian Anda selama ini.

Bagian akhir
Di bagian inilah Anda mendapat kesempatan terakhir untuk mengesankan pewawancara. Usahakan energi Anda tetap penuh hingga saat ini. Anda berhak untuk menanyakan segala sesuatu tentang perusahaan tersebut. Buat kesan bahwa Anda bersemangat untuk segera bekerja di kantor tersebut. Tidak ada salahnya untuk mempromosikan diri Anda sendiri di depan pewawancara. Perusahaan menginginkan seseorang yang bersemangat dan memiliki passion untuk berkerja di tempat itu.

Editor: RI