Dermaga PT Pertamina EP di Siak Roboh Ditabrak Kapal Tanker
Credit by: Dermaga Pertamina EP yang rusak ditabrak kapal tanker (Istimewa)

Lirik, PINews.com - Kecelakaan lalulitas perairan terjadi di Sungai Siak Desa Buatan II, Kecamatan Kotogasib. Kapal tanker merk Intan Daya 9 Batam bermuatan kontainer, menabrak dermaga ekspor PT Pertamina EP Lirik terminal buatan.

Senin (3/2), keterangan Pjs Koordinator Lapangan (Korlap) PT Pertamina EP terminal buatan Sukiman, ia tidak mengetahui secara pasti kejadian tabrakan tersebut. Ia mendapat laporan dan langsung ke lokasi kejadian, saat itu ia melihat kerusakan dan langsung melakukan pendataan kerusakan dan mengunci seluruh saluran minyak mentah tersebut.

"Saya tidak mengetahui kronologis kejadian tersebut, yang jelas tanker yang membawa kontainer datang dari arah Siak menuju Perawang-Tualang. Saya hanya mendata kerusakan akibat kejadian itu, dan permasalahan itu ditangani pihak Syahbandar," terang Sukiman.

Selain itu dikatakan Sukiman bahwa, akibat kerusakan tersebut tentunya pengiriman minyak mentah ke Sei Pakning, Kabupaten Bengkalis terhalang karena dolpin sandar rusak sehingga kapal tidak bisa bersandar.

"Ya, gimana mau ngirim minyak! Dolpinnya saja rusak, jadi kapal pengiriman kita tidak bisa bersandar untuk mengambil minyak mentah itu," ujarnya.

Ditambahkan Sukiman, pihak PT Pertamina EP terminal buatan melakukan pengiriman 1 x seminggu. Sehingga keterlambatan pengiriman akan terjadi hingga perbaikan dermaga selesai. "Tentunya pengiriman akan terganggu hingga dermaga diperbaiki nantinya," tambahnya.

Editor: Rio Indrawan