Kram Saat Menstruasi? Cobalah Gerakan Yoga Berikut Ini
Credit by: Ilustrasi gerakan Bow Pose (Ist)

Jakarta, PINews.com - Selain membuang-buang uang untuk membeli pembalut, siklus menstruasi selalu membuat khawatir bagi sebagian wanita. Namun, banyak kasus berbeda dengan orang lain yang mengalami menstruasi dengan disertai rasa sakit dan kram.

Menggunakan obat penghilang rasa sakit secara bulanan sebagai obat untuk mengatasi kram saat menstruasi sama sekali bukan pilihan yang baik. Pengobatan rumahan dapat memberikan bantuan secara instan, namun itu merupakan jangka pendek. Di sinilah pose yoga untuk mengatasi kram saat menstruasi datang.

Yoga akan membantu tidak hanya untuk menyembuhkan kram menstruasi, namun juga untuk mengatasi semua masalah yang terkait dengan sindrom pramenstruasi atau PMS). Berlatih yoga dan melakukannya secara teratur sebagai obat untuk mengatasi kram menstruasi. Pose yoga untuk mengatasi kram menstruasi akan membantu mengurangi kram dan mengatur aliran darah dari dan ke rahim.

Berikut ada beberapa pose yoga yang akan membantu untuk menenangkan sistem saraf, mengurangi nyeri punggung, mengobati nyeri kaki dan perut dan membuat emosional Anda stabil.

Bow pose (dhanurasana)
Pose ini sangat efektif untuk mengobati kram menstruasi. Berbaringlah telungkup dengan lengan di sisi dan menjaga kaki selebar pinggul Anda. Tekuk lutut dan tahan pergelangan kaki Anda. Pada saat yang sama, angkat paha dari lantai. Angkat dada Anda dari lantai dan tahan pose ini selama 15 sampai 20 detik. Pose ini akan membantu untuk meregangkan otot-otot dan akan meningkatkan aliran darah perut.

Fish pose (matsyasana)
Pose yoga yang satu ini juga untuk kram menstruasi. Berbaringlah di lantai. Tekuk lutut dan buat kaki Anda datar. Luruskan kaki Anda dan letakkan tangan Anda di kedua sisi. Letakkan tangan Anda di bawah masing-masing pinggul dan angkat pinggul Anda. Dorong tubuh bagian atas Anda dari lantai dengan menekuk siku Anda. Buang napas. Angkat dada dan memiringkan kepala ke belakang. Tahan pose ini selama lima hitungan. Tarik napas dan istirahatkan punggung Anda. Pose ini membantu merangsang organ-organ perut dan otot-otot perut dengan peregangan. Pose yoga ini juga akan membantu meringankan kram menstruasi.

Camel pose (ustrasana)
Pose ini sangat baik untuk mengobati ketidaknyamanan saat menstruasi. Aasana ini membentangkan bagian depan dari badan. Berlutut dan tekan tulang kering Anda ke lantai dengan tangan di kedua sisi panggul. Arahkan jari Anda ke bawah. Letakkan telapak tangan Anda di bagian atas tulang pinggul. Dorong tulang ekor Anda ke bawah dan ke depan. Miringkan kepala Anda kembali ketika menghirup dengan dagu mengarah ke atas. Bersandar dan letakkan kedua telapak tangan Anda pada telapak kaki Anda. Tahan selama 15 sampai 20 detik, tarik napas dan kembali ke posisi semula. Pose ini merangsang organ-organ perut untuk meningkatkan aliran darah ke rahim untuk membantu menyembuhkan kram menstruasi.

Butterfly pose (badhakonasana)
Pose kupu-kupu pose merupakan salah satu pose yoga yang paling efektif dan sederhana untuk mengatasi kram saat menstruasi. Duduklah di lantai, tekuk kedua lutut dan perlahan-lahan bawa kaki Anda bersama-sama. Tekan lutut di lantai dan tahan kaki dengan tangan Anda. Membungkuk ke depan sambil menghirup udara dan lakukan pose ini selama beberapa waktu. Pose yoga ini akan meningkatkan aliran darah perut dan akan menyembuhkan kram menstruasi.

Cobalah beberapa pose yoga untuk mengatasi kram saat menstruasi. Namun perlu diingat bahwa sangat disarankan untuk berlatih yoga dari pelatih berpengalaman dan ahli.

Editor: RI