11 Nama Calon Dirjen Pajak Diserahkan ke KPK
Credit by: Ilustrasi (IST)

Jakarta, PINews.com - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak menyerahkan 11 nama calon ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk ditelusuri track record atau rekam jejaknya.

Hal itu diungkapkan Ketua Pansel Dirjen Pajak, Mardiasmo usai menyerahkan 11 nama, ke kantor KPK, Jakarta, Rabu (24/12) malam. Namun, dia enggan membeberkan 11 nama tersebut.

"Sudah. 11 itu ada di websitenya kementerian keuangan, ngga ada yang dirahasiakan," kata Mardiasmo.

Selain KPK, penelusuran track record calon Dirjen Pajak ini juga melibatkan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Intelijen Negara (BIN).

"itu kita minta dari PPATK, BIN, dari KPK yang terkahir ini," ucap dia.

Menurut Mardiasmo, pihaknya diberikan catatan terkait seleksi tersebut. "Ada beberapa catatan, ada beberapa masukan. Tadi diberikan analisis sih. Saya dikasih apa namanya dan kita tangani dengan pansel nanti," ujar Mardiasmo.

Mardiasmo menampik 11 nama yang diserahkan itu bermasalah. Dia juga memastikan bahwa nantinya tak ada tanda merah tau kuning dari hasil penelusuran KPK. Menurut Mardiasmo, nama itu diserahkan untuk mengetahui rekam jejak berdasarkan hasil penelusuran KPK.

"Enggak, kita kan ingin klarifikasi, ingin mendapat informasi yang terbaik dan komprehensif dan utuh. Kita tidak hanya dari BIN, PPATK, tapi kita juga minta dari KPK supaya lengkap," pungkas Mardiasmo.

KPK sebelumnya sudah memastikan turun tangan dalam proses seleksi calon Dirjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Juru Bicara KPK, Johan Budi SP menyatakan, KPK bakal ambil bagian dalam menelusuri track record atau rekam jejak seperti harta kekayaan dari para calon Dirjen Pajak.

Dilibatkannya KPK dalam proses seleksi calon Dirjen Pajak ini, jelas Johan, setelah adanya permintaan dari Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro. Selain menyangkut calon Dirjen Pajak, KPK juga diminta untuk terlibat dalam proses seleksi posisi lainnya.

"Ada beberapa posisi, eselon I, sedang kami lakukan aset tracing," ucap Johan.

Dari informasi diperoleh, sejauh ini, Panitia Seleksi (Pansel) Pejabat Tinggi Madya Kementerian Keuangan telah meloloskan 11 orang calon Direktur Jenderal Pajak dalam tahap seleksi pembuatan makalah. Adapun 17 orang peserta lainnya dinyatakan gugur.

Terungkap calon Dirjen Pajak yang lolos seleksi itu dari internal Kemenkeu. Mereka antara lain berasal dari tingkatan direktur dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kemenkeu.

Informasi diperoleh, mereka yang lolos dari kalangan direktur yaitu Direktur Keberatan dan Banding Ditjen Pajak Catur Rini Widosari, Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak Dadang Suwarna, Direktur Transformasi Proses Bisnis Ditjen Pajak Wahyu Karya Tumakaka dan Direktur Peraturan Perpajakan II Ditjen Pajak Poltak Maruli John Liberty Hutagaol.

Sementara yang berlatar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil)  Ditjen Pajak adalah Kakanwil Banten Muhammad Haniv, Kakanwil Wajib Pajak Besar Sigit Priadi Pramudito, Kakanwi Jawa Tengah I Edi Slamet Irianto dan Kakanwil Jawa Timur I Ken Dwijugiasteadi. Kandidat calon Dirjen Pajak berikutnya adalah Tenaga Pengkaji Bidang Pembinaan dan Penerbitan Sumber Daya Manusia Rida Handanu, Sekretaris Komite Pengawas Perpajakan Puspita Wulandari serta Pelaksana pada Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian Ditjen Pajak Suryo Utomo.

Editor: HM