DKI Jakarta Duduki Peringkat Buncit Dalam Tingkat Keamanan Kota
Credit by: Kepadatan penduduk Jakarta jadi faktor kondisi keamanan kota yang kurang baik (Ist)

Jakarta, PINews.com - Masyarakat di luar daerah menilai Jakarta merupakan kota yang paling tepat untuk mencari nafkah. Banyak kalangan dari luar daerah datang berbondong-bondong untuk mengadu nasib demi kesempatan untuk mlanjutkan hidupnya di Ibu Kota.

Akan tetapi, kota padat penduduk dengan jumlah penduduk sekitar 12,7 juta ini menduduki peringkat paling akhir dari segi keamanan kota diantara 50 kota besar di dunia berdasarkan survei terbaru yang dirilis Economist Intelligence Unit (EIU) yang bertajuk "EIU safe Cities Index 2015".

Survei berdasarkan 40 indikator kuantitatif dan kualitatif. 40 indikator tersebut di bagi lagi menjadi empat kategori tematik yakni keamanan digital, jaminan kesahatan, infrastruktur, dan keamanan personal. Sementara itu, Tokyo, menduduki peringkat paling atas dari segi keamanan.

10 kota dengan tingkat keamanan tertinggi :

1. Tokyo
2. Singapura
3. Osaka
4. Stockholm
5. Amsterdam
6. Sydney
7. Zurich
8. Toronto
9 . Melbourne
10. New York

10 kota dengan tingkat keamanan terendah :

41. Istanbul
42. Delhi
43. Moskow
44. Mumbai
45. Mexico City
46. Riyadh
47. Johannesburg
48. Ho Chi Minh
49. Tehran
50. Jakarta

Hal ini membuktikan bahwa kota yang padat penduduk bukan merupakan kota yang tidak aman. Jakarta dan Tokyo sama-sama kota yang padat penduduk,namun tokyo jauh di atas jakarta dari segi keamanan.

Editor: RI