Fans Manchester United Sedunia Mengenang Tragedi Munich 1958
Credit by: Mengenang tragedi MU 1958 (Is)

Jakarta, PINews.com - Manchester United dan seluruh fansnya di penjuru dunia terus menerus mengenang kejadian pada 6 Februari 1958 melalui berbagai media sosial. Lalu apa sebenarnya yang terjadi saat itu hingga seluruh fans MU mengucapkan belasungkawa teramat mendalam?

6 Februari 1958 adalah tahun yang lalu merupakan hari yang kelam bagi para pecinta sepakbola di dunia, terutama club Liga Inggris asal kota Manchester, Manchester United.

Saat itu, pesawat British Airways yang berisikan para pemain beserta para staff Setan Merah dan awak media, hendak pulang ke Inggris setalah melakoni laga melawan Red Star Belgrade pada perempat final Piala Champions. Pesawat melakukan transit  di Munich untuk mengisi bahan bakar. Naas  pesawat mengalami kecelakaan saat lepas landas di Munich Airport, Riem, Jerman Barat.

Kecelakaan tersebut menewaskan 23 orang, termasuk 8 pemain dan 3 orang official. Korban yang selamat pada saat itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Recht De Isar, Munich.

Saat itu di Munich memang cuaca sangat buruk, pesawat sempat dua kali mengalami lepas landas. Saat mencoba untuk melakukan lepas landas untuk ketiga kalinya, pesawat gagal dikendalikan karena tergelincir gumpalan salju. Penerbangan sempat ingin ditunda, akan tetapi United harus segera kembali ke Inggris karena akan melakoni pertandingan melawan Wolverhampton Wanderes di ajang Liga Inggris.

Korban yang selamat langsung dilarikan ke Rumah Sakit Rechts de Isar, Munich. Sang manager Sir Matt Busby dan Bobby Charlton merupakan dua dari 20 penumpang yang selamat.

Sedangkan sekretaris klub United, Walter Crickmer serta pelatih Bert Whalley dan Tom Curry meninggal dunia. Roger Byrne, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, Geoff Bent, Liam Whelan dan Dunkan Edwards juga meninggal dalam kecelakaan tersebut. Mereka merupakan para pemain yang bersinar saat itu dan di juluki Busby Babes.

Editor: RI