Sudirman Said: Pemerintah Tidak Akan Naikkan Harga Elpiji 3 kg
Credit by: Menteri ESDM Sudirman Said (ist)

Jakarta, PINews.com - Melanjuti adanya laporan kelangkaan dan kenaikan harga elpiji tiga kilogram di beberapa daerah, Menteri Energi dan Sumber Daya mineral (ESDM) Sudirman Said menuding bahwa adanya permainan spekulan. Sudirman menyangkal jika pemerintah menaikan harga elpiji tiga kilogram hingga harganya di pasaran melambung tinggi.

"Pemerintah gak akan naikkan harga elpiji 3 kg. Tetap akan gunakan harga yang sama sebagai kompensasi. Pemerintah gunakan subsidi. Tidak beralasan kalau harga akan naik," ujar Sudirman, Jumat (27/2).

Kelangkaan dan tingginya harga gas melon ini, kata sudirman bersifat kasuistis. Artinya, hanya terjadi dibeberapa tempat. Itupun dengan adanya indikasi permainan harga yang dilakukan para spekulan.

"Namun Seolah-olah jadi isu besar," katanya.

Sudirman menambahkan, berdasarkan laporan yang ia terima dari Pertamina setelah melakukan oprasi pasar, tidak ada kelangkaan yang signifikan. Dia menyatakan diberbagai daerah permintaan gas tiga kilogram masih bisa dipenuhi dengan stok pasaran.

"Masyarakat dipermainkan spekulan. Binjai, Subang, Sumedang, Depok, Bogor, Bekasi, Jepara, Tebingtinggi, Jakarta," ujar Sudirman.

Ia mengingatkan agar masyarakat dapat menjaga pasokan elpiji tiga kilogram. Supaya, masyarakat yang kurang mampu bisa dapat membelinya. "Jangan ambil hak orang yang kurang mampu" Tegasnya.

Editor: RI