Yuk Berpetualang Ke Bukit Jamur, Wisata Unik Tersembunyi Di Gresik
Credit by: Bukit Jamur (PINews)

Gresik, PINews.com - Kota di pesisir pantai pantura ini ternyata tidak hanya terkenal akan industrinya yang konon berjumlah hingga diatas 1000 pabrik tersebar di seantero Gresik. Kota Gresik juga menyimpan keindahan dan keunikan alam, salah satunya Bukit Jamur yang berada di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik.

Bukit Jamur ini merupakan bentukan dari bekas galian kapur yang lama kelamaan membentuk wujud seperti jamur. Bukit jamur ini sebenarnya bekas galian tambang kapur yang sudah lama ditinggalkan dan mengalami erupsi pada bagian bawah batu,di mana bagian bawah batu teksturnya lebih rapuh dari pada bagian atas.

Namun demikian, Erosi yang terjadi secara terus-menerus mengakibatkan permukaan bagian penyangga batu jamur semakin terkikis dan akhirnya tidak mampu lagi menahan bagian atasnya.

Objek wisata baru yang mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar Gresik ini layak untuk dimanfaatkan secara positif, bertempat dilahan bekas galian kapur cocok untuk aktifitas pecinta fotografi, atau siapa saja penikmat keindahan alam.


Untuk dapat meraih lokasi tersebut, rute yang bisa kita tempuh adalah dari arah kota gresik melewati jalur pantura kemudian setelah melewati jembatan sungai bengawan solo langsung menuju ke arah kecamatan Bungah masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. 


Keunikan dan keindahan bukit Jamur ini sangat patut untuk dipertahankan dan dijaga kelestariannya karena akan sayang sekali apabila obyek wisata yang langka ini rusak akibat aktivitas pengunjung yang kurang bertanggung jawab.

Editor: RI