WHO Minta Manusia Batasi Penggunan Headset JIka Tidak Ingin Kehilangan Pendengaran
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Aktifitas mendengarkan musik ataupun radio dengan perangkat smartphone melalui headset merupakan aktifitas yang tak mungkin bisa ditinggalkan manusia zaman sekarang.

Apa lagi bagi anda pengguna kendaraan umum seperti kereta atau angkutan umum serta para pengendera sepeda motor yang memanfaatkan headset untuk mendengarkan musik yang menemani anda sepanjang perjanalan.

Tapi sepertinya anda harus berpikir lagi untuk berlama-lama menggunakan headset untuk mendengarkan musik, karena ternyata terlalu lama dan sering gunakan headset untuk mendengarkan musik dapat membuat anda kehilangan pendengaran dengan lebih cepat.

Tidak tanggung-tanggung WHO sebagai badan kesehatan dunia langsung turun tangan memberikan anjuran untuk batasi penggunaan headset ataupun perangkat audio lainnya.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan tingkat paparan suara maksimal yang aman ialah 85 desibel selama delapan jam per harinya.

WHO menyaranka masyarakat gunakan aplikasi pada smartphone untuk membantu memantau tingkat suara yang kita dengarkan dalam batas aman atau tidak.

Dilansir dari kantor berita Antara, WHO baru-baru ini merilis data bahwa sekitar 1,1 miliar remaja dan orang dewasa di dunia berisiko kehilangan pendengaran karena penggunaan perangkat audio di luar batas aman, termasuk smartphone dan lingkungan bising.

Editor: RI