Nokia ‘Android’ Normandy Segera Rilis di Akhir Februari
Credit by: Tampilan Nokia Normandy (evleaks)

Jakarta, PINews.com - Nokia dikabarkan bersiap meresmikan "Normandy", ponsel pertama Nokia yang berjalan dengan sistem operasi Android. Perangkat tersebut kabarnya akan diumumkan pada akhir bulan Februari ini.

Menurut sebuah sumber, yang dikatakan "mengetahui dan paham terhadap rencana Nokia", menyampaikan kepada Wall Street Journal, Selasa (11/2), bahwa ponsel tersebut sudah akan diperkenalkan dalam ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar pada 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol.

Informasi tersebut sesuai dengan rumor yang telah beredar. Memang sudah berkali-kali, berbagai sumber dan media membeberkan bahwa produk yang akan disebut "Nokia X" itu akan dirilis pada ajang tahunan tersebut.

Nokia sendiri sudah mengirimkan undangan kepada media untuk menghadiri sebuah acara peluncuran di sela-sela MWC. Perusahaan asal Finlandia tersebut memang tidak menyebutkan produk yang akan diluncurkan. Namun, berdasarkan prediksi dan bocoran informasi dari beberapa sumber, Nokia dikatakan akan merilis berbagai ponsel, termasuk Nokia X.

Nokia X atau Normandy adalah ponsel low-end dengan penampilan mirip lini smartphoneLumia dari perusahaan tersebut. Perangkat ini diduga memiliki layar 4 inci, serta diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon S4, kamera 3 megapiksel, internal storage 4 GB, dukungan dual-kartu SIM, dan RAM 512 MB. Ada pula dukungan ekspansi media penyimpanan melalui slot Micro-SD. 

Sumber tepercaya menyebutkan Normandy mengatakan bahwa ponsel itu menggunakan sistem operasi Android versi 4.4 (Kitkat). 

Meski memakai Android, Normandy akan menanggalkan layanan Google seperti Play Store dan Maps. Sebagai pengganti Play Store, aplikasi-aplikasi Android dapat diunduh dari Nokia Store. Untuk aplikasi pengganti Google Maps, Normandy akan dibekali aplikasi peta andalan Nokia, Here.

Sumber : wall street journal

Editor: Rio Indrawan