Mengerikan, Lautan Arktik Tahun Ini Mencatatkan Rekor Paling Tipis
Credit by: Kondisi Laut Arktik yang lapisan esnya makin tipis (bbc)

Jakarta, PINews.com - Perubahan Iklim makin jelas terlihat dan terasa. Penelitian baru-baru ini menemukan fakta terbaru bahwa meskipun musim dingin akan tetapi tahun ini lapisan es di lautan Arktik hanya tercatat seluas 14,5 juta km2.

Hasil yang didapat dari penelitian Pusat Data Salju dan Es Nasional (NSIDC) dari Universitas Kolorado di Boulder ini adalah hasil terendah sejak dilakukan pencatatan luas lapisan es pada 1979.

Bahkan pada medio Februari ini, luas lapisan es hanya tercatat 130.000 km2. Dilansir dari BBC, para peneliti meyakini kondisi ini diakibatkan cuaca panas aneh yang terjadi di Alaska dan Rusia.

Alexander Shestakov, Direktur WWF Global Arctic Programme, mengatakan kondisi ini sangatlah berbahaya. “lapisan es yang rendah dapat menyebabkan reaksi yang dapat 'mengancam Artik dan bahkan seluruh bumi” paparnya.

Data yang sangat mengejutkan menunjukkan bahwa lapisan es laut Arktik ternyata sudah menipis sebanyak 65% antara tahun 1975 sampai 2012.

Pembangunan industri, pemanasan global, penebangan hutan yang tak terkendali masih saja berlangsung di bumi. Jika terus terjadi, umat manusia harus bersiap menghadapi bencana yang mengerikan.

Editor: RI