The Rhinos akan bertanding melawan Guam dan China pada tanggal 7 – 13 Juni 2015
Credit by: Logo Rugby Union Indonesia (ist)

Jakarta, PINews.com - Tim Nasional Indonesia akan bertanding dalam turnamen ARC Division 3 East Tournament 2015 di Jakarta. Bukan timnas garuda, namun timnas badak. Ya Timnas Badak, karena yang akan bertanding adalah tim nasional Rugby Union Indonesia. Timnas senior rugby union Indonesia mempunyai julukan The Rhinos dan mempunyai lambang badak di dada mereka.

Melalui Stephen Barber, life member dari Persatuan Rugby Union Indonesia,  dalam website resmi PRUI mengatakan bahwa The Rhinos akan bertanding melawan Guam dan China pada tanggal 7 – 13 Juni 2015 dalam turnamen yang akan memperebutkan tiket promosi ke ARC Division 2 untuk tahun selanjutnya. PRUI, federasi yang menaungi olahraga rugby football union di Indonesia yang baru saja disahkan menjadi Anggota tetap Komite Olimpiade Indonesia pada tanggal 20 Februari 2015 ini, akan mengadakan turnamen tersebut di Jakarta Intercultural School.   

ARC atau Asian Rugby Championship merupakan turnamen pengganti dari A5N atau Asian Five Nations. Turnamen yang digelar tahunan ini merupakan turnamen yang digelar Asian Rugby Football Union untuk mewadahi olahraga rugby union di Asia. Turnamen ini terdiri dari 4 divisi, dengan turnamen utamanya diikuti 3 tim top Asia, Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan. Dan divisi 1 diikuti oleh 4 negara, Filipina, Kazakhtan, Singapura dan Sri Lanka. Divisi 2 diikuti oleh Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab dan Taiwan. Sedangkan divisi 3 yang diikuti oleh Indonesia dibagi dalam 2 grup, grup Timur dan Tengah. Timur diisi oleh Indonesia, Guam dan China, sedangkan di Tengah diikuti oleh India, Pakistan dan Uzbekistan.

Jika berhasil menjadi juara di turnamen kali ini, Indonesia akan lolos ke ARC Division 2 bersama dengan pemenang dari divisi 3 grup Tengah. Pada turnamen tahun 2014, Indonesia harus puas berada di peringkat 3 setelah kalah dari China di pertandingan pertama dan menang melawan tuan rumah Laos di playoff peringkat ketiga.

Ini merupakan keempat kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah di tahun 2008, 2010 dan terakhir 2011. Bahkan Indonesia menjadi juara A5N Regional Tournament 2008 tersebut setelah mengalahkan Laos dan Kamboja.

Editor: HM