Soal UN Bocor di Internet, Pemerintah “Ngadu” Ke Google
Credit by: Ilustrasi - Ujian Nasional (Ist)

Jakarta, PINews.com - Pemerintah akui ada kebocoran soal ujian nasional. Hal itu disampaikan sendiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Pak menteri mengungkapkan pihak yang membocorkan soal ujian nasional tingkat SMA adalah salah satu perusahaan percetakan di Jakarta.

“Secara umum yang melakukan pengunggahan itu adalah perbuatan ilegal. Pelakunya salah satu perusahaan percetakan di Jakarta," ujar Mendikbud Anies Baswedan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, soal ujian UN bisa diunggah secara bebas di tempat penyimpanan data (drive) Google.

Kebocoran yang diketahui, menurut Anies langsung ditindaklanjuti dengan menghubungi Google dan Kemenkominfo untuk segera menghapus ataupun memblokir data tersebut.

“Masuk laporan mengenai bocoran soal yang ada di akun Google drive. Kami langsung koordinasi dengan Kemenkominfo, dilakukan pemblokiran, karena itu ada di Google, kami langsung telepon Google," kata Anies, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Kasus ini juga sudah diselidiki oleh Bareskrim Polri yang langsung melakukan penggeledahan di beberapa tempat yang dicurigai menjadi untuk untuk membocorkan soal UN.

Editor: RI