Pertamina Dan SKK Migas Punya Kewenangan Baru Untuk Perpanjang Blok Migas
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Tata kelola migas menjadi perhatian penting sejak Joko Widodo dan Jusuf Kalla naik tahta di pemerintahan Indonesia. Banyak yang menganggap aturan main pengelolaan migas di tanah air bak benang kusut sehingga kekayaan negara yang berlimpah tidak memberikan dampak signifikan bagi kemajuan bangsa.

Aturan baru dari kementerian ESDM pun segera dirilis pada akhir bulan April. Salahsatu aturan yang menjadi poin penting dalam Permen terbaru ini adalah pemberian wewenang lebih pada PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan berplat merah untuk melanjutkan blok migas yang diminatinya.

“Di Biro Hukum Kementerian ESDM, pembahasan draf sudah selesai. Akhir bulan ini mudah-mudahan sudah bisa terbit. Intinya pemerintah memberikan prioritas kepada Pertamina,” papar Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Teguh Pamudji, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Selain memberikan wewenang lebih kepada Pertamina, diatur juga pemberian wewenang lebih kepada SKK Migas.

Nantinya dalam Permen tertulis tentang kewenangan pengaturan masa transisi sebelum habis kontrak blok migas berada di tangan SKK Migas. Dengan begitu kontraktor baru bisa melakukan persiapan sebelum kontrak blok migas habis.

Editor: RI