Warga Sentani Dikejutkan Dengan Penemuan BOM Perang Dunia II
Credit by: Ilustrasi bagian bom peninggalan perang (Reuters)

Jayapura, PINews.com - Bom peninggalan Perang Dunia II ditemukan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pada minggu (3/5). Abris Yoku (30), warga Jembatan Kuning Ifar Besar yang menemukan sempat terkejut dan panik dengan temuan benda berbahaya itu di halaman rumahnya.

Pihak kepolisian yang dihubungi langsung menuju lokasi penemuan bom dan mengamankannya dan diselidiki lebih lanjut.

 “Pukul 18.30 WIT, anggota Pos Pasar Lama dan Polsek Sentani Kota yang dibantu anggota Sat Intelkam Polres Jayapura mendatangi TKP. Dan mengamankan lokasi serta membawa bom tersebut Ke Mapolres Jayapura guna penyelidikan lebih lanjut," kata Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua Kombes Pol Patrige, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Wilayah Papua yang luas diyakini masih menyimpan banyak peninggalan perang. Pasalnya, pulau di ujung timur Indonesia ini sejak dulu sering digunakan sebagai markas militer baik pada masa Perang Dunia II atau perang kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu pihak kepolisian menganjurkan warga Papua untuk mengikuti langkah yang telah diambil Abris Yoku. Apabila menemukan bom atau benda berbahaya peninggalan perang untuk langsung melaporkan temuannya ke pihak berwajib.

“Harapannya, jika nanti ada hal seperti itu, segera dilaporkan. Terima kasih buat warga yang telah melapor," pungkas Patrige.

Editor: RI