Pertamina Dapat Suntikan Minyak 24.000 Barel Per Hari Dari Blok Malaysia
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Ekspansi migas di luar negeri terus diupayakan Pertamina sebagai usaha untuk meningkatkan produksi yang terus menurun di dalam negeri. Salah satu ekspansi yang terdekat adalah lapangan Migas di blok Malaysia yang saat ini telah mecatat produksi mencapai 24.000 barel per hari.

“Kami telah melakukan tiga kali lifting minyak dari aset Malaysia dengan volume antara 300.000 barel hingga 500.000 barel sekali lifting. Minyak tersebut dikirim ke kilang minyak Pertamina seperti Cilacap” kata Presiden Direktur PIEP Slamet Riadhy.

Sementara itu, menurut Direktur Hulu Syamsu Alam, langkah untuk melakukan ekspansi di luar negeri adalah untuk mengurangi beban impor yang selama ini kerap diaggap menguras anggaran.

“Tujuan ekspansi Pertamina selain mencetak keuntungan bisnis juga membantu pemerintah untuk mengurangi impor. Oleh karena itu kami bawa hasil produksi di luar negeri untuk diproses di kilang dalam negeri," ujar Pak Alam.

Produksi migas dari Blok Malaysia berasal dari blok yang pada tahun 2013 diakuisisi Pertamina dari Murphy. Perusahaan plat merah itu optimis blok Malaysia akan terus meningkat produksinya hingga mencapai 70.000 barel setara minyak per hari pada 2020 hingga 2022.

Editor: RI