FIFA Gelar Kongres Luar Biasa Untuk Ganti Sepp Blatter Pada Desember 2015
Credit by: Sepp Blatter (AFP)

Jakarta, PINews.com - Secara mengejutkan Sepp Blatter yang baru saja terpilih menjadi presiden FIFA pada akhir bulan Mei lalu mengumumkan mengundurkan diri. Jika ditelisik lebih lanjut mundurnya Blatter diduga kuat karena adanya skandal korupsi besar-besaran di tubuh FIFA saat kongres lalu yang membuat 14 pejabat tinggi FIFA diciduk kepolisian Swiss.

Untuk menggantikan Blatter, FIFA dijadwalkan akan menggelar kongres luar biasa pada 16 Desember mendatang dan kembali akan digelar di Zurich, Swiss.

Dilansir dari BBC, Beberapa nama telah disebut-sebut akan menggantikan Blatter, di antaranya Pangeran Ali bin al-Hussein dari Yordania, pesaing Blatter di pemilihan presiden FIFA akhir Mei lalu.

Blatter sendiri akan tetap menjabat hingga proses pemilihan berlangsung pada Desember nanti. Ini memang mengjutkan karena Blatter sebelumnya sesumbar akan menjadi garda terdepan dalam penumpasan kasus korupsi di tubuh FIFA.

Selain kasus korupsi yang menyeret pejabat FIFA, Aparat penegak hukum di Swiss juga melakukan penyelidikan pidana atas proses penetapan Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 yang sarat akan kontroversi.

Editor: RI