Kebakaran Gunung Guntur Capai 4 Hektar, Para Pendaki Yang Terjebak Berhasil Selamat
Credit by: Petugas sedang berusaha memadamkan kebakaran di Gunung Guntur (tempo)

Garut, PINews.com - Kebakaran yang melanda Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat sejak beberapa hari lalu akhirnya berhasil dipadamkan oleh tim gabungan BPBD Kabupaten Garut.

Menurut Bupati Garut, Rudy Gunawan, kebakaran hutan du Gunung Garut adalah peristiwa alam dan kejadian alami dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan. Sedikitnya empat hekter wilayah hutan Gunung Garut hangus terbakar.

“Sudah dipadamkan di sana, penyebabnya karena batunya panas di bawah, terlalu terik, biasa itu. Empat hektare. Sudah padam, langsung melakukan penanganan," kata Bupati Garut Rudy Gunawan (23/7).

Lebih lanjut, Pak Bupati mengungkapkan jajarannya memang sudah bersiap jika kebakaran hutan terjadi karena memang sudah diperkirkaan sebelumnya.

“Kita ada SOP-nya, BPBD Kabupaten Garut, memadamkan itu langsung. Di Gunung Guntur itu batunya panas, ketika musim panas terik maka jadi begitu," tambahnya.

Sementara itu, sejumlah kelompok pendaki yang dilaporkan terjebak di Gunung Guntur dipastikan berhasil turun gunung dengan selamat.

Para pendaki yang sempat melapor ke petugas pos Gunung Guntur selamat karena api yang berkobar juga menjauhi jalur pendakian.

Editor: RI