Buat Film Tentang Islam, Robb Leech Rela Tinggal 6 Bulan Di Masjid Terbesar Di Inggris
Credit by: Robb Leech berwudhu dan melakukan berbagai kegiatan muslim selama pembuatan film (BBC)

Jakarta, PINews.com - Islam adalah salahsatu agama terbesar di dunia yang saat ini kerap kali mendapat predikat negatif karena ulah para oknum yang mengatasnamakan Islam dan melakukan perbuatan yang sama sekali tidak ada dalam ajaran Islam.

Kini masyarakat seleuruh dunia dapat melihat potret kehidupan masyarakat muslim di dalam masjid. Bukan masjid biasa melainkan sebuah masjid terbesar di Inggris, tetaptnya di London Timur, Whitecapel.

Adalah Robb Leech sosok dibalik pembuatan film yang memakan waktu delapan bulan. Robb bahkan rela tinggal di Masjid selama enam bulan untuk dapat merasakan langsung serta melihat secara nyata kehidupan masyarkat muslim Inggris dari balik tembok kokoh masjid.

Film ini bertujuan untuk memberi gambaran nyata tentang kehidupan Muslim, di luar pemberitaan di media massa tentang radikalisasi yang dikaitkan dengan Islam.

“Saya terkejut saat mengetahui ada lebih dari 7000 orang yang melaksanakan salat Jumat setiap pekan, terdapat lebih dari dua juta orang yang menggunakan Masjid ini setiap tahunnya," ujar Robb seperti dilansir BBC.

Robb mengatakan film ini merupakan langkah untuk menjawab persepsi awal tentang Islam dan ia berharap film ini juga dapat memberikan dampak yang sama kepada penontonnya.

"Karena saat ini, kata ekstremis telah menempel pada nama mereka sebagai Muslim dan orang-orang mengecap mereka sebagai kaum radikal," jelas Robb.

Untuk diketahui, saudara tiri Robb adalah seorang muslim dan saat ini dipenjara karena dituduh terlibat dengan kelompok radikal.

Robb mengungkapkan setelah enam bulan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat muslim dan memperlajari Islam yang sebenarnya, persepsinya terhadap Islam langsung berubah.

Nonton Film Dokumenter “Welcome to the Mosque”

Editor: RI