Kapal Baru Pertamina Diklaim Yang Tercanggih Dikelasnya
Credit by: MT Sanggau (PIN)

Jakarta,PINews.com - Pertamina kembali kedatangan armada kapal untuk mengangkut dan mendistribusikan minyak mentah yakni MT.Sanggau yang telah diserah terimakan Januari lalu dan hari ini (3/3) bersandar di Dermaga Pertamina, Tanjung Priok, Jakarta.

Dengan bersandarnya kapal yang berbobot 40.000 DWT ditargetkan mampu meningkatkan kapasitas pendistribusian minyak mentah Pertamina.

SPV Shipping, Mulyono menyampaikan bahwa MT. Sanggau hadir dengan teknologi terbaru dikelasnya serta mengedepankan Ecoship yang ramah lingkungan. "Kapal ini di desain untuk ramah terhadap lingkungan, emisi bahan bakarnya sudah memenuhi standar baku  lingkungan standar internasional" kata Mulyono disela-sela kunjungannya di MT.Sanggau.

MT. Sanggau mampu mengangkut 315.000 barel minyak mentah, padahal dengan kapal sekelasnya biasanya hanya mampu mengangkut sekitar 200.000 barel, hal tersebut tidak lepas dari desain terbaru kapal yang dibuat melebar. Nantinya akan dioperasikan untuk mengangkut minyak mentah dari Banyu Urip, Cepu ke kilang minyak Balikpapan.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina  Wianda Pusponegoro mengungkapkan, dengan tambahan kapal ini tentu berdampak pada efisiensi yang sedang gencar dilakukan.

"Sektor kapal ini adalah salahsatu instrumen kita untuk melakukan efisiensi. Nilai efisiensi penggunaan kapal sendiri tentu besar. Tahun lalu dengan penggunaan kapal sendiri efsiensi tercatat oleh Tim Pembenahan Tata Kelola Arus Minyak (PTK) sebesar 225 juta dollar" papar Wianda.

Saat ini Pertamina masih mengandalkan kapal sewaan dalam pendistribusian minyak dan gas. "Total kapal sendiri yang dimiliki Pertamina ada 66 Kapal, dari 250 kapal yang kita operasikan. Kami terus mengejar minimal 50% migas kita diangkut oleh kapal sendiri" tutup Wianda.

Editor: RI