Ini "Empat Jurus" Pemerintah Untuk Kendalikan Harga Gas
Credit by: Menteri ESDM Sudirman Said (PIN)

Jakarta,PINews.com - Pemerintah menegaskan memiliki empat jurus nyata yang diyakini bisa mengendalikan harga gas yang saat ini dikeluhkan terlali tinggi bagi kalangan pengusaha. Hal itu disampaikan oleh Menteri ESDM, Sudirman Said, seusai menggelar pertemuan dengan Kadin di Menara kadin, Jakarta.

"Pertama adalah pemerintah mengorbankan dulu sektor hulu, agar hilir bisa mendapatkan harga yang lebih baik" kata Sudirman.
Regulasi dalam bentuk Perpres pun saat ini menurut Sudirman tinggal.menunggu waktu untuk disahkan, karena proses penyusunannya sudah hampir final.

"Saya rasa sudah masuk di Sekneg jadi kita tunggu saja" ujarnya.
infrastruktur juga menjadi.kunci dalam penentuan harga gas. Pak menteri menegaskan bahwa sinergi seluruh infrastruktur yang sedang dikembangkan menjadi langkah berikutnya dalam penentuan harga gas.

"Langkah ketiga adalah dengan menertibkan gas trading" kata Sudirman. Pemerintah baru-baru ini memang merevisi Permen No 37 tahunb2p15 dengan Permen 6 tahun 2016. Nantinya dengan aruran baru ini diharapkna bisa berkontribusi besar sudah kelaur dan akan berkontribusi dalam efisiensi mata rantai pengelolaan gas.

Terakhir, pemerintah saat ini sedang menunggu pembentukan badan penyangga. " Jika sudah ada badan penyangga selisih antar harga bisa diketahui, nantinya baru ketemu keseimbangan harga" tandas Sudriman. 

Editor: RI