Ini Alasan Kucing Takut Air
Credit by: Ilustrasi

Jakarta, PINews.com - Kucing kemungkinan sudah dikenal sebagai aquaphobic atau phobia terhadap air, namun apakah sahabat berbulu kita benar-benar membenci air? Jika anda sudah pernah mencoba untuk memandikan kucing, anda mungkin berpikir demikian, namun yang sebenarnya ialah bahwa kucing memiliki sebuah hubungan yang rumit dengan H20.

Secara rata-rata kucing tidak memiliki ketertarikan untuk berenang. Mengapa ? Para ilmuwan dan para ahli hewan mengatakan beberapa alasan.

Yang pertama adalah alasan evolusi. Ketika kucing liar yang berada di dalam iklim hangat akan pergi ke dalam air dan berenang sesekali untuk menyegarkan kembali tubuh mereka, sebagian besar keturunan kucing domestik hidup di wilayah kering dan berenang adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk kelangsungan hidup.

"Kucing domestik merupakan keturunan dari Kucing liar Arab, " kata Dr. John Bradshaw, seorang profesor dari University of Bristol's School of Veterinary Sciences dalam Mental Floss. "Nenek moyang mereka hidup di daerah dengan daerah yang memiliki jumlah air yang besar. Mereka tidak pernah belajar berenang."

Dan meskipun sudah hidup ribuan tahun bersama kita, kucing masih mempertahankan naluri yang sam dengan nenek moyangmereka dan mereka hanya 'semi-dijinakkan', menurut sebuah kelompok peneliti dari beberapa universitas termasuk Washington University School of Medicine dan Texas A&M serta diterbitkan pula dalam jurnal PNAS.

Hal ini berarti bahwa kucing selalu berada di dalam keadaan waspada terhadap ptensi bahaya dan ingin tetap berada di dalam kondisi yang baik ketika mereka harus melawan atau melarikan diri.

Namun ketika bulu kucing basar, hewan tersebut merasa terbebani dan berpengaruh dalam kelincahannya dan membuatnya rentan terhadap serangan.

Alasan lainnya ialah kemungkinan kucing tidak peduli dengan air karena pengalaman buruk atau kurangnya pengalamannya dalam hal tersebut. Kucing yang tidak terbiasa dengan air kemungkinan takut terhadap air dibentuk dalam sebuah kebiasaan. Kucing-kucing yang sudah dimandikan secara rutin sejak masa kanak-kanak tidak akan takut dengan air dan sangat menikmati ketika mereka mencelupkan tubuhnya ke dalam air.

Namun, mencoba untuk memaksakan seekor kucing ke dalam air cenderung akan menjadi hewan yang memulai fight or flight dan berpotensi melukai anda dan kucing anda sndiri serta membuat hewan peliharaan anda waspada pada anda dan air.

Dan pada akhirnya, menjadi basah hanya an menjadi sebuah hal yang menyenangkan untuk beberapa alasan. Kucing menghabiskan hampir setengah dari waktu bangun mereka untuk merapihkan dirinya sendiri, sehingga dapat dimengerti bahwa mereka tidak akan menikmati semua hal dan ditambah dengan kucing yang memiliki banyak kelenjar bau yang menghasilkan feromon yang digunakan untuk menandai dan komunikasi , dan air mandi terutama wewangian dan zat kimia yang terkandung di dalam air dapat menggangu hal tersebut.

Di samping itu, bulu-bulu yang basah dan dingin juga membuat mereka sulit bergerak. "Bulu mereka tida cepat kering dan hal tersebut membuat mereka tidak nyaman,"kata ahli hewan Kelley Bollen.

Editor: RI