Pemerintah Targetkan Pembangunan Venue Asian Games Selesai Akhir 2017

 

Jakarta, PINews.com- Pemerintah menargetkan pembangunan sejumlah venue olahraga dalam rangka kegiatan Asia Games 2018, akan terus digenjot dan harus sudah selesai akhir 2017. Beberapa kontraktor yang mengerjaan berbagai pekerjaan perbaikan atau renovasi juga optimis sudah selesai akhir tahun dan siap dipakaio pada saat penyelenggaraan Asian Games.

Di Jakarta misalnya, PT Waskita Karya tengah melakaukan pengerjaan renovasi stadion renang akuatik di kawasan Gelora Bung Karno. Akhir tahun ini, pengerjaan renaovasi proyek senilai Rp249 miliar inik direncanakan akan selesai.

"Progresnya saat ini sudah 57%. Akhir tahun ini selesai bersama dengan proyek pengerjaan Waskita yang lain untuk Asian Games," ujar Shastia Hadianti, Corporate Secretary Waskita Karya.

Perusahaan juga melakukan pekerjaan penataan kawasan GBK zona dua. Kepastian pekerjaan zona dua ini setelah perusahaan dengan kode di bursa WSKT ini menandatangni proyek senilai Rp323 miliar tersebut.

Pekerjaan zona dua antara lain penataan koridor, pedesterian parkir timur, kawasan parkir timur, ducting utilitas, tembereng antargelanggang taman tropis dan taman anggrek, tembereng gelanggang, gelanggang akuatik, istana olahraga, soft ball, softscape koridor, jalan lingkar, dan tembereng. Meski pekerjaan terbilang cukup banyak, namun Shastia yakin akan diselesaikan pada akhir tahun ini.

Sementara PT Adhi Karya Tbk juga mengerjakan setidaknya tiga pekerjaan untuk proyek Asian games tersebut, yakni Renovasi Stadion Utama GBK, Istora Senayan dan Penataan kawasan. Budi Harto, Direktur Utama Adhi Karya mengatakan untuk renovasi stadion utama GBK yang nilai kontraknya Rp770 miliar, saat ini telah mencapai progres 65%. Adapun, renovasi Istana Olahraga GBK dengan nilai kontrak Rp 132 miliar sudah mencapai 60%.

"Semua ini akan selesai pada Oktober tahun ini," ujarnya.

Selain itu, ADHI juga memperoleh paket pekerjaan zona satu untuk penataan kawasan GBK dengan nilai kontrak Rp253,8 miliar. Pekerjaan tersebut berupa pekerjaan lingkar stadion utama GBK, kolam resapan stadion utama GBK, softscape, mekanikal dan elektrikal, tembereng gelanggang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan seluruh penyelesaian pembangunan infrastruktur Asian Games baik di Jakarta maupun Palembang pada tahun ini. Termasuk renovasi venue olaahraga dayung dan menembak di kompelks olahrgaa Jakabaring, Palembang. 

Editor: