Skema Buka-Tutup Jalur Mudik 2017 Akan Diterapkan
Credit by: madiunpos.com

Jakarta-PINews.com- Saat mudik idul Fitri 2017 atau 1438 H, pemerintah akan menerapkan skema buka tutup dan diterapkan di ruas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga tol Cikarang, Jawa Barat. Kementrian perhubungan sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian  untuk fokus pada jalur yang diperkirakan padat pada saat mudik mendatang.

"Cipali akan kita buka tutup. Mulai dari Cipali sampai Cikarang kita buka tutup,"  demikian disampaiakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Istana Bogor, Senin (29/5/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan, tigas jalur yang diprediksi akan padat pada musim mudik lebaran 2017 yakni jalan tol Cipali, jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), dan jalur selatan arah Sumedang dan seterusnya. Budi mengatakan kepolisian akan membantu menyelesaikan jalan-jalan tikus di tiga jalur utama itu. Di jalur selatan banyak sekali jalan alternatif

"Secara keseluruhan sudah kita kerjakan dan kita akan rapat lagi. Kita akan tugaskan Basarnas untuk menyediakan helikopter di Cipali," tutur Budi.

Perkiraannya, angkutan udara pada musim mudik nanti di jalur mudik bertumbuh 9% dari hari normal, sedangkan sepeda motor bertumbuh 10%. Namun demikaian, lanjutnya, pemerintah tetap konsisten menghimbau pemudik agar tidak menggunakan motor. Faktor keselamatan menjadi alasan utama.

Budi mengaku sudah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Kementerian Perhubungan sudah berkoordinasi dengan para pemegang kepentingan, khususnya Kementerian PU, Kepolisian, Kementerian ESDM, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengenai kesiapan menyambut mudik lebaran 2017.

Editor: