Listrik Tersedia, PLN Ajak Investor Berinvestasi di Sulawesi
Credit by: www.esdm.go.id

Jakarta, PINews.com – Ketersediaan listrik menjadi salah satu pertimbangan investor untuk membangun usahanya di sebuah wilayah. PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) mengaku telah siap menyambut investor yang akan menanamkan modalnya ke wilayah tersebut. Hal ini karena kondisi kelistrikan PLN Wilayah Sulselrabar yang saat ini berlimpah dengan daya mampu 1.250 Mega Watt (MW) dan beban puncak mencapai 1.050 MW. Artinya PLN memiliki cadangan daya sekitar 200 MW.

Untuk diketahui, Sulawesi Selatan menempati peringkat tiga pertumbuhan ekonomi terbaik tingkat nasional setelah Sulawesi Tengah dan Papua. Melihat potensi yang besar tersebut, PLN Wilayah Sulselrabar mengadakan kegiatan bertajuk “PLN Executive Investment Forum 2017”,  dengan bertujuan mengkomunikasikan kesiapan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung investasi dan geliat ekonomi di Sulselrabar.

General Manager PLN Wilayah Sulselrabar Bob Saril dalam sambutannya menyampaikan agar investor tidak ragu untuk berinvestasi di Sulawesi Selatan karena PLN siap untuk melayani para investor berapapun daya yang dibutuhkan dan saat ini PLN tidak lagi mengalami defisit daya.

Saai ini Sulawesi Selatan mengalami surplus daya sebesar 200 MW dan pada bulan November 2017 akan masuk pembangkit baru PLN Jeneponto 1x100 MW, ekstensen PLTU milik Bosowa Energy 1x125 MW dan PLTD tambahan sebesar 65 MW pada akhir Agustus 2017. Sehingga total cadangan daya hingga akhir tahun lebih dari 495 MW.

"Jangan ragu-ragu untuk berinvestasi di Wilayah Sulselabar, kami siap mendukung dengan memasok listrik yang handal," tandas Bob Syahril seperti disampaikan dalam siaran pers yang diterima PortalIndonesiaNews.Com.

Bob juga menjelaskan PLN Executive Investment Forum 2017 menjadi forum yang penting sebagai sarana koordinasi untuk memajukan pembangunan dan peningkatan ekonomi Indonesia pada umumnya dan khususnya Sulawesi Selatan. Listrik merupakan pilar utama untuk kesejahteraan masyarakat. Listrik modal dasar suatu negara untuk maju, modern dan mandiri.

“Saat ini, PLN telah menyediakan fasilitas tersebut, mari kita manfaatkan fasilitas tersebut untuk kemajuan Sulawesi Selatan,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, saat membuka acara PLN Executive Investment Forum 2017 tersebut.

Untuk diketahui sampai sekarang saat ini terdapat 4.088 pelanggan potensial yang tersebar di Sulawesi Selatan,  Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat dengan rata-rata penggunaan daya sebesar 30.545,79 kWh/pelanggan. Sehingga dengan mengundang pelanggan dan calon pelanggan potensial yang ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

 

Editor: ES