Situasi Tambang Freeport Kembali Normal
Credit by: Freeport Indonesia

Jakarta, PINews.com -  Situasi di lokasi tambang milik PT Freeport Indonesia telah kembali pulih pascakerusuhan yang terjadi di Mil 28, Timika, Sabtu (19/8). Beberapa pekerjaan mulai dari pembersihan checkpoint 28 dan gorong-gorong pun telah dilakukan pada Minggu pagi (20/8).

Riza juga menjelaskan bahwa jalur jalan tambang utama juga sudah dilewati kendaraan. “Satu-satunya dampak pada operasi adalah gangguan terhadap transportasi barang dan pekerja,” jelas Riza lewat pesan singkatnya.

Sebagaimana diketahui telah terjadi kerusuhan di lokasi tambang PT Freeport Indonesia. Aksi ini dimulai pada Sabtu sekitar pukul 14:00 WIT. Para pelaku yang adalah demonstran bahkan sempat menguasai dan membakar Checkpoint, Gorong-Gorong dan juga membakar sejumlah peralatan dan fasilitas perusahaan dan sepeda motor karyawan di lokasi tersebut.

Tidak hanya itu, beberapa fasilitas di lokasi-lokasi lain di Timika juga mengalami kerusakan. Dan setidaknya ada empat karyawan kontraktor mengalami cedera ringan akibat aksi ini, dan telah dirawat di fasilitas kesehatan perusahaan. Buntutnya Polisi menetapkan 6 orang sebagai tersangka. 

Editor: ES