Bank DKI Gandeng 7 BPD Dukung Implementasi Transaksi Non Tunai
Credit by: neracabisnis.com

Jakarta, PINews.com - Dukung Implementasi penerapan transaksi non tunai di lingkup Pemerintah Provinsi,  Bank DKI gandeng Bank Pembangunan Daerah di 7 provinsi   yakni, Pemerintah Kabupaten dan Kota di provinsi Lampung,  Sumatera Barat,  Sulawesi Tenggara,  Aceh,  Jawa Tengah,  Kalimantan Tengah, dan Papua. 

Kesepakatan tersebut termaktub dalam nota kesepakatan yang ditandatangani Direktur Utama Bank DKI,  Kresno Sediarsi, Pjs Direktur Utama Bank Lampung,  Muhammad Syachroni,  Direktur Keuangan Bank Nagari,  Muhamad Irsyad,  Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah,  Haizir Sulaiman,  Direktur Operasional Bank Jateng Hanawijaya,  Direktur Utama Bank Kalteng Yosapatasi,  Direktur Operasional Bank Papua Isak S Wopari, dan Direktur Umum Bank Sultra,  Hayati Hasan, di Bandung..

Direktur Utama Bank DKI,  Kresno Sediarsi menjelaskan  bahwa kesepakatan ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 910/1866/51-2017 tentang implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Provinsi,  pemerintah kabupaten  dan kota pada tanggal 17 April 2017, sebagai tindak lanjut pelaksanaan instruksi presiden No 10 tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2016 dan tahun 2017.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kesepakatan antara 7 BPD tersebut didasari pertimbangan keberhasilan implementasi Pemprov DKI Jakarta bersama Bank DKI yang telah menerapkan  transaksi non tunai di lingkup Pemprov.  Per Juni 2017, tercatat 811 SKPD dan UKPD DKI Jakarta yang sudah menggunakan Cash Management System. Kedepannya, Bank DKI masih akan menggandeng sejumlah bank pembangunan daerah lainnya terkait dengan penerapan transaksi non tunai.

Bank DKI juga mendukung transaksi non tunai di lingkup Pemprov DKI Jakarta melalui sistem Jakarta One antara lain E-Retribusi,  pemberian subsidi daging,  subsidi transportasi,  Pajak Kendaraan Bermotor,  e-ticketing e-parking dan lain sebagainya.

Selain sektor pemerintah,  Kresno Sediarsi juga menuturkan bahwa Bank DKI terus aktif mendukung transaksi  non tunai di sektor retail dengan sejumlah produk non tunai seperti JakCard,  JakMobile dan JakOneMobile.

Editor: HAR