Menteri Jonan ; Semua Warga Harus Menikmati Listrik
Credit by: Dok. ESDM

Jakarta-PINews.com-, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali menegaskan pentingnya meningkatkan ratio elektrifikasi sehingga akses ketenagalistrikan menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Seperti diketahui Pemerintah saat ini fokus kepada peningkatan rasio elektrifikasi agar seluruh warga negara menikmati penerangan listrik.

"Sekarang rasio elektrifikasi 92,8 persen, target Pemerintah di 2019 mencapai 97% . Tetapi saya mendorong teman-teman dan juga PLN kalau bisa di tahun 2019 itu paling kurang 99%. Terutama di daerah yang jauh, terpencil, dan daerah perbatasan," kata Jonan dalam Malam Pengaugerahan Subroto 2017. 

Tidak hanya itu Pemerintah juga sedang memasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di 2.500 desa lebih dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Ini penting sekali, masa sudah 72 tahun Indonesia merdeka, ada 2.500 desa lebih yang tanpa listrik. Ada pula 10.000 desa lainnya yang listriknya terbatas. Ini akan kita kejar sekali," tandasnya lagi.

Selain peningkatan akses ketengalistrikan, Kementerian ESDM juga memiliki program pemerataan dan keterjangkauan energi. Untuk tujuan tersebut Presiden juga mendorong hadirnya mobil listrik.Jonan pun mengemukakan bahwa Kementerian ESDM juga tetap menjaga iklim investasi dan ekonomi. "Kita mendorong pasokan listrik yang besar tetapi juga dengan harga yang terjangkau karena kalau tidak, industri kita tidak akan kompetitif," tandasnya.

Malam Penganugerahan Pengahargaan Subroto 2017 sendiri merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke - 72 dan dihadiri sekitar 600 undangan dari Pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, Kementerian/lembaga terkait, BUMN, Kepala Daerah, Kepala Dinas ESDM, perguruan tinggi, organisasi profesi dan pemangku kepentingan sektor ESDM di Indonesia serta para insan media.

Penghargaan Subroto 2017 meliputi 5 (lima) bidang penghargaan, yaitu: Bidang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN), Bidang Penghargaan Pengelolaan Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan (K3LL) Panas Bumi, Bidang Penghargaan Inovasi Energi, Bidang Penghargaan Keselamatan Migas, dan Bidang Penghargaan Wartawan.

Editor: ES