Tatang Sulaiman Bakal Jadi Wakasad?
Credit by: pangdam diponegoro channel

Jakarta, PINews.com - Gerbong mutasi di tubuh TNI (AD) bakal bergerak lagi. Setelah Danjen Akademi TNI Letjen Bayu Purwiyono pensiun diganti oleh Marsda Siwi Sukma Aji (kelahiran Cimahi) akhir September lalu, di pengujung Oktober nanti Wakasad Letjen Hinsa Siburian (peraih Adhi Makayasa 1986) juga bakal diganti. Maklum, mantan Pangdam Cendrawasih itu memasuki masa purnabakti.

Siapa bakal penggantinya? Adakah penggantinya seorang panglima Kodam? Perkiraan saya demikian. Bila yang dipilih adalah pangdam yang masih satu angkatan dengan Hinsa, kursi Wakasad bakal jatuh ke tangan Pangdam Diponegoro Mayjen Tatang Sulaiman (lahir di Bandung, 1965). Performa Tatang juga cukup apik. Buktinya, hanya sebentar saja jadi Kapuspen TNI. Pun sebentar jadi Pangdam Iskandar Muda. Dia mantan Kasdivif Dua, mantan Kasdam Cendrawasih, pernah Wadanpussenif, dan mantan Danrem Bhaladika jaya serta Komandan Brigif Linud 3.

Kecil kemungkinan kursi itu jatuh ke tangan Pangdam jebolan Akmil 1987 seperti Pangdam Tanjungpura Mayjen Andika Perkasa, Pangdam Siliwangi Mayjen M Herindra, Pangdam V/Brawijaya Mayjen Kustanto Widiatmoko atau Pangdam Sriwijaya Mayjen Anto Mukti Putranto. Saya malah melihatnya salah satu dari jebolan Akmil 1987 akan jadi Pangkostrad. Entah itu Andika atau Herindra. Siapapun yang dipilih, keduanya insya Allah, minimal dapat tiga bintang di masa kemudian.

Kembali ke calon Wakasad. Sekiranya wanjakti TNI tak memilih figur pangdam dari angkatan 87, kans kuat malah ada di pangdam jebolan Akmil 85. Ada dua pangdam yang punya potensi, yaitu Pangdam Jaya Mayjen Jaswandi dan Pangdam Pattimura Mayjen Doni Monardo. Tapi, untuk regenerasi, lebih elok posisi wakasad tetap diisi oleh jebolan Akmil 1986. Akan jadi sebuah kebijakan dahsyat bila tetiba kursi untuk bintang tiga itu diisi oleh jebolan Akmil 1987. Siapapun orangnya.

Bila ada pergeseran posisi di pos pangdam, saya perkirakan jebolan Akmil 1988 akan mencatatkan sejarah. Pati bintang dua jebolan akademi tahun itu akan jadi pangdam. Danjen Kopassus Mayjen Madsuni berpotensi tinggi jadi pangdam pertama dari angkatannya, bersaing dengan dua temannya: Pangdivif Satu Mayjen Ainur Rahman dan Pangdivif Dua Mayjen Agus Suhardi. Siapa yang bakal terlebih dahulu jadi pangdam? Feeling saya adalah jenderal kelahiran Cirebon. Kita lihat saja nanti.

- Dudi R Rahman, Analis Mutasi Militer dan Co-Founder VDE Communications

Editor: HAR