Bye.... Bale, Robben dan Alexis
Credit by: independent.co.uk

Jakarta, PINews.com - Publik awalnya was-was Argentina bakal tersandung tak mengikuti Piala Dunia 2018. Namun, salah satu kiblat sepak bola itu akhirnya lolos. Kita pun bakal menyaksikan kembali kelincahan sang mega bintang Argentina, Lionel Messi, yang kemarin ‘mengamuk’ dengan tiga golnya ke gawang Ekuador.

Bintang lain yang bakal muncul di Rusia adalah bintang Portugal Cristiano Ronaldo. Neymar sebagai pemain termahal dunia akan memimpin Brasil, sedangkan Kylian Mbappe dan Antoinne Grizmann akan berbagi panggung di lini depan timnas Prancis.

Edinson Cavani dan Suarez dari Uruguay, Alvaro Morata dan David Silva dari Spanyol, Romelu Lukaku bersama Kevin de Bruyne dari Belgia, Mesut Oezil serta Thomas Mueller dari Der Panzer, serta banyak pemain bintang lainnya akan memberikan permainan terbaik pada Piala Dunia tahun depan.

Namun, pesta sepak bola empat tahunan di Rusia itu tidak akan diperkuat sejumlah bintang, beberapa di antaranya adalah Gareth Bale, Arjen Roben, Alexis Sanchez, dan Arturo Vidal.

Rangkaian cedera yang dialami Gareth Bale selama memperkuat Real Madrid pada musim ini ternyata juga berdampak pada timnas Wales. Bale absen saat Wales dikalahkan Irlandia 1-0 pada laga terakhir kualifikasi.

Wales yang mengincar playoff terpaksa turun ke posisi tiga dan menyerahkan peringkat kedua kepada Irlandia yang berpeluang bermain di Piala Dunia asalkan memengkan playoff tersebut.

Bagaimana rasanya Piala Dunia tanpa Belanda? Yang jelas, kali ini kita bakal melewatkan aksi Arjem Robben. Dia sudah tampil sekuat tenaga saat mencetak dua gol yang mengantar Belanda menaklukkan Swedia 2-0 demi merebut posisi playoff. Sayang, Belanda harus tersisih karena kalah selisih gol dari Swedia yang mendapatkan jatah playoff.

Setelah mencetak 37 gol dalam 96 laga selama 14 tahun memperkuat tim Oranye, Robben akhirnya memutuskan mundur dari timnas yang diperkuatnya sejak 2003. Ia memilih untuk fokus bersama Bayern Muenchen di sisa karir pemain berumur 33 tahun itu.

Sementara itu, striker lincah andalan Arsenal yang juga diminati klub-klub top Eropa, Alexis Sanchez, juga tidak akan berkompetisi di Rusia setelah Chile menelan kekalahan 3-0 atas Brasil pada laga pamungkas kualifikasi Conmebol. Dia memang tidak menunjukkan permainan terbaiknya selama kualifikasi, padahal bekas striker Udinese dan Barcelona itu menjadi tulang punggung Chile saat memenangkan Copa Amerika 2016.

Gaya bermain ngotot dengan kemampuan tendangan jarak jauh mematikan merupakan ciri khas Arturo Vidal juga yang tidak akan bisa disaksikan di Rusia setelah Chile tersingkir dari kualifikasi. Vidal sudah berupaya mempertahankan Chile untuk tetap bersaing dengan mencetak enam gol selama kualifikasi. Namun kurangnya konsistensi permainan pasukan Antonio Pizzi membuat mereka absen pertama kalinya dari Piala Dunia sejak 2006.

Pierre Emerick Aubameyang, andalan lini serang Borussia Dortmund, tidak akan tampil di Piala Dunia kali ini setelah negaranya, Gabon, terseok-seok pada kualifikasi putaran ketiga zona Afrika. Gabon menempati posisi ketiga dalam klasemen, terpaut empat poin dari pemuncak klasemen Maroko, sehingga sudah dipastikan telah tersisih dari kompetisi.

Adapun Christian Pulisic menjadi satu lagi pemain dari Borussia Dortmund yang tidak akan mencicipi kompetisi terakbar sejagat itu. Penyerang berusia 19 itu sudah berupaya mencetak gol saat Amerika Serikat dipermalukan Trinidad Tobago dengan skor 2-1 pada laga pamungkas kualifikasi zona Concacaf.

Amerika absen untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1986, namun usia Pulisic yang masih muda membuatnya masih berkesempatan mengikuti Piala Dunia selanjutnya.

Editor: HAR