Pemerintah Fokus Bangun Jargas di Daerah Penghasil Migas
Credit by: Dok. Dunia-Energi.com

Jakarta, PINews.com - Pemerintah terus berupaya meningkatkan konsumsi gas dalam negeri. Salah satunya dengan membangun jaringan gas untuk rumah tangga. Terkait dengan itu, saat ini Pemerintah akan memprioritaskan daerah penghasil migas.

“Jargas akan kita bangun untuk kota yang ada gasnya, harus dibangun jargasnya. Tidak fair (adil) kalau misalnya wilayah atau kotamadya memiliki sumur gas, tapi masyarakat tidak memanfaatkan gas,” ungkap Jonan dalam lawatan ke Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur Selasa (31/10). 

Ia pun meminta Pemerintah Kalimantan Timur untuk memetakan wilayah mana yang akan diprioritas untuk pembangunan jargas. “Mungkin Kalimantan Utara, Tarakan hampir seluruh kota punya jaringan gas. Nanti, Kalimantan Timur tolong nominasikan Kutai Kartanegara atau mana,” pungkas Jonan. 

Kementerian ESDM sudah punya rencana bangun jaringan gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kalimantan Timur di 2 Lokasi, yaitu kota Samarinda (4.500 SR) dan Kota Bontang (8.000 SR) dengan jangka waktu pelaksanaan hingga Desember 2017. 

Kalimantan Timur sendiri merupakan salah satu daerah penghasil migas di mana terdapat fasilitas produksi lapangan Jangkrik yang baru diresmikan oleh Menteri ESDM.

 

Editor: ES