Pertagas Area Sumatera Komitmen Pasokan Gas ke Konsumen Aman Selama Pandemi
Credit by: Direktur subholding gas meninjau operasional Pertagas di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/9). (foto: dokumentasi Pertagas)

PALEMBANG –PT Pertamina Gas (Pertagas) Operation South Sumatera Area (OSSA) dan Pertagas Operation Central Sumatera Area (OCSA) berkomitmen untuk memastikan pasokan gas ke konsumen selama masa pandemi. Manajemen perusahan juga aktif menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Hendra Tri Putra Nasution, General Manager Pertagas West Region, mengatakan hal tersebut menjadi sangat penting, agar sumber daya manusia (SDM) perusahan tetap dapat berkontribusi maksimal untuk memastikan operasional perusahaan berjalan dengan baik di tengah pandemi.

“Ini menjadi tantangan, namun selalu ada peluang bagi perusahan untuk tetap tumbuh ke depan,” kata Hendra, saat mengunjungi fasilitas pipa Pertagas ruas Grissik-Pusri dan RU III PT Pertamina (Persero), Selasa (15/7).

Untuk memastikan keandalan operasional perusahaan, utamanya selama pandemi Covid-19, sejumlah Direksi subholding gas PT PGN Tbk melakukan kunjungan kerja ke fasilitas pipa Pertagas ruas Grissik-Pusri dan RU III Pertamina tersebut. Turut hadir dalam kunjungan tersebut adalah Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Tbk Redy Ferryanto, serta Direktur Utama PT PGN Solution Erwin Simanjuntak yang juga merupakan afiliasi dari subholding gas.

Redy berharap bahwa kedatangan manajemen subholding gas dapat memperkuat sinergi tidak hanya di lingkungan subholding gas namun juga dengan Pertamina Grup dan BUMN.

Di wilayah Sumatera Selatan dan Sumatera bagian tengah, Pertagas memiliki dua wilayah operasi yaitu Operation South Sumatera Area (OSSA) dan Operation Central Sumatera Area (OCSA).


Pertagas OSSA mengoperasikan pipa gas sepanjang 687 km. Pipa ini mengalirkan gas untuk kebutuhan industri utamanya ke Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri), Pertamina RU III Plaju, PLN dan Independent Power Producer (IPP) di Palembang, serta gas untuk keperluan rumah tanggan (city gas) untuk Kota Palembang, dan Ogan Ilir.

Sementara itu, Pertamina Gas OCSA adalah satu-satunya area Pertamina Gas yang bergerak di bidang transportasi minyak dengan operasional panjang pipa minyak mentah 265 km, dan dm 8 inch, mengalir dr Tempino (Jambi) - Palembang (RU III Plaju), volume 10.000 BOPD. (ika)

 

Editor: ika