Atasi Kebakaran Lahan, 66 Ton Garam Disebar Untuk Hujan Buatan
Credit by: Personel TNI AU memeriksa kondisi tabung sebelum melakukan Tekhnologi Modifikasi Cuaca di pesawat C-130 Hercules Skadron 31 (ANTARA FOTO)

Pekanbaru, PINews.com - Tim satgas penanggulangan bencana asap Riau sudah menyebar sekitar 65,9 ton garam yang dimaksudkan untuk membuat hujan buatan melalui teknologi modifikasi cuaca guna penanggulangan kebakaran lahan yang melanda Riau beberapa pekan terakhir.

Data rekapitulasi tim satgas yang diterima, Sabtu siang menyebutkan, untuk pesawat Casa sejak 5 Maret telah menyemai 19,9 garam, puncaknya dilakukan pada 17 Maret dengan dua kali sorti (kapasitas per sorti (1 ton) dan dilakukan hingga 21 Maret.

Pesawat Hercules dilaporkan telah melakukan penyemaian sebanyak 10 kali sorti dengan kapasitas/sorti yakni empat hingga lima ton garam.

Total garam yang telah disemai oleh Hercules tercatat mencapai 46 ton dengan puncak penyemaian dilaksanakan pada 16 Maret yakni 10 ton garam.

Sebelumnya pesawat Casa hanya melakukan penyemaian satu kali sorti dengan kapasitas satu ton per hari.

Disebutkan bahwa Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau masih mencadangkan 21.100 kilogram garam (NaCI) untuk siaga dalam upaya penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hujan buatan jika kebakaran lahan kembali marak.

"Cadangan garam itu akan didatangkan lagi kalau dibutuhkan. Sekarang belum," kata Kepala Bidang Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo kepada pers.

Sumber : Antara

Editor: Rio Indrawan